Gempa di Kapuas Hulu, Guncangan Dirasakan di Desa Nanga Manday dan Desa Jemuluk

20 Maret 2024 02:30 WIB
Ilustrasi gempa bumi. (Net)

KAPUAS HULU, insidepontianak.com - Warga Desa Jemuluk dan Desa Nanga Manday, Kecamatan Bika, Kabupaten Kapuas Hulu, geger atas peristiwa guncangan seperti gempa bumi, Selasa (19/3/2024) malam. 

Bahkan guncangan itu dirasakan oleh warga sebanyak dua kali. Rekaman informasi dari warga melaporkan peristiwa ini pun beredar lewat pesan berantai WhatsApp

"Betul Pak Camat. Kejadian betul-betul terjadi di Desa Nanga Mandai. Malam ini sudah terjadi dua kali guncangan yang cukup kuat. Masyarakat sudah kami kumpulkan dan mengimbau tetap waspada," ucap seorang warga lewat rekaman suara. 

"Rumah kita berguncang dua kali. Sampai atap berbunyi. Semua rumah di Manday sama merasakan guncangan," sambung warga yang lain. 

Melansir Antara, Kepala UPT Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pangsuma, Kapuas Hulu Ridwan Nugraha, membenarkan telah terjadi gempa bumi, dan guncangannya dirasakan di dua desa di Kecamatan Bika. 

Menurutnya, guncangan gempa itu bersifat lokal, akibat adanya pergeseran lempeng bumi. 

"Dan kami imbau masyarakat untuk tetap siaga, karena dikhawatirkan terjadi gempa susulan," ucap Ridwan Nugraha. 

Dia menyebutkan, guncangan pertama kali terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Guncangan susulan kembali dirasakan sekitar sekitar pukul 20.00 WIB, dan guncangan ketiga sekitar pukul 21.00 WIB.***

Leave a comment