Dewan Kalbar Heri Mustamin Harap Operasional Bandara Singkawang Tak Sekedar Kejar Tayang

20 Maret 2024 15:41 WIB
Ketua Komisi V DPRD Kalimantan Barat, Heri Mustamin. (Dok IP)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua Komisi V DPRD Kalimantan Barat, Heri Mustamin berharap bandara udara Singkawang yang diresmikan Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu (20/3/2024), tidak sekedar kejar tayang.

Tapi, sudah dikaji pemerintah secara serius. Sebab, Heri khawatir, jika bandara Singkawang yang dibangun terburu-buru itu berimplikasi pada sepinya aktivitas penerbangan seperti beberapa bandara di Indonesia.

"Kita khawatir (Bandara Singkawang) dibangun dengan biaya besar, tapi azas manfaat tidak dihitung maksimal. Jangan seperti beberapa bandara di daerah lain," kata Heri Mustamin, Rabu (20/3/2024).

Namun demikian, sebagai rakyat Kalbar Heri bersyukur, Kalbar punya bandara selain Bandara Supadio. Kehadiran bandara tentu untuk memberi kemudahan transportasi masyarakat Singkawang.

"Tapi, kita berharap tidak sekedar kejar tayang. Pembangunan bandara ini sudah dikaji betul kelayakan terkait kebutuhan transportasi udara masyarakat di bagian pantai utara," katanya.

Heri menekankan kajian operasional bandara Singkawang sangat penting. kKarena ada beberapa bandara di Indonesia yang sepi aktivitas.

Ia pun tak ingin hal tersebut juga terjadi di bandara Singkawang. Apalagi, uji coba penerbangan belum diketahui.

" Uji coba penerbangan, pesawat apa saja yang bisa mendarat? Saya pikir sosialisasi dan uji coba sangat minim. Semoga dengan minimnya sosialisasi tidak mengurangi minat masyarakat," harapnya.

Heri menaruh harapan, bandara Singkawang dapat beroperasi maksimal dan memberi manfaat untuk masyarakat. Apalagi Singkawang ada kekhususan, karena menjadi lokasi tujuan destinasi wisata di Kalbar.

"Dengan adanya penopang (bandara) di Singkawang, mudah-mudahan bisa menarik wisata lokal dan luar negeri. Ini dampak yang kita harapkan ke depan," ucapnya.

Di samping itu, legislator Partai Golkar ini juga mendorong sarana prasarana destinasi Singkawang terus dibenahi, untuk menarik wisata luar datang.(andi)***

Leave a comment