Pj Bupati Kubu Raya Hadiri Panen Raya Padi GNPIP di Gapoktan Madiun Bersatu

25 Maret 2024 09:44 WIB
Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzzaman

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzzaman menghadiri Panen Raya Padi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Wilayah Kalbar di Kabupaten Kubu Raya.

Kegiatan yang dihadiri Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzzaman Panen Raya Padi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dilaksanakan  di Gapoktan Madiur Bersatu, Desa Parit Keladi, Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.

Selain Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzzaman, panen raya dipimpin oleh Pj Gubernur Kalimantan Barat Harisson yang dilaksanakan yaitu Panen Raya Padi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Desa Parit Keladi, Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya tersebut.

Panen raya ini diinisiasi oleh Bank Indonesia Kalimantan Barat terkait 4K, yakni menjaga keterjangkauan harga ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif.

"Jadi ini adalah hulunya rantai pasok distribusi pangan," kata Kamaruzaman usai panen raya.

Hal ini adalah salah satu kabupaten yang memiliki bottensi lahan pertanian cukup besar, sehingga ini menjadi ikon.

Pihaknya terus melakukan upaya pelatihan dan penyuluhan pada masyarakat, dengan harapan produksinya akan semakin meningkat. 

“Apalagi Kabupaten Kubu Raya ini pedalaman dari Kota Pontianak. Jadi apapun produksinya untuk didistribusikan, marketnya ada di Kota Pontianak,” jelasnya

Saat ini, Ditambahkannya sedang terjadi fenomena peralihan sumber pangan masyarakat dunia. Dari sebelumnya negara-negara barat mengonsumsi gandum, mulai beralih makan nasi.

“Sebagaimana yang disampaikan oleh Gubernur ada negara-negara yang dulu makanan pokoknya gandum sekarang beralih konsumsi nasi. Nah, ini tentu kebutuhan beras akan meningkat, sehingga harga mulai tahun lalu ada tren naik,” paparnya.

Dengan jumlah penduduk terpadat ketiga di Kalimantan Barat, Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzzaman mengatakan terus berupaya untuk mampu memberikan kontribusi bagi kebutuhan pangan masyarakat, khususnya di Kabupaten Kubu Raya dan Kalimantan Barat Kubu Raya salah satunya melalui Panen Raya Padi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan ( GNPIP). ***


Leave a comment