Sebanyak 111 Jamaah Kabupaten Sanggau Laksanakan Manasik Haji 2024

25 April 2024 19:27 WIB
Sebanyak 111 Calon Jamaah Haji Reguler Kabupaten Sanggau tahun 1445 H/2024 M yang mengikuti Manasik Haji dilaksanakan oleh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sanggau

SANGGAU, insidepontianak.com -- Sebanyak 111 Calon Jamaah Haji Reguler Kabupaten Sanggau tahun 1445 H/2024 M mengikuti Manasik Haji Tingkat Kecamatan.

Dari 111 calon jamaah haji reguler Kabupaten Sanggau tahun 1445 H/2024 M yang mengikuti Manasik Haji tersebut digelar oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sanggau pada Kamis (25/4/2024) pagi di Masjid Agung Al-Muawanah.

Manasik Haji penting untuk diikuti bagi calon jamaah haji untuk menambah pemahaman tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji dan tujuan utama keberangkatan ke tanah suci.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sanggau, Muhammad Hasbi mengatakan manasik haji tingkat kecamatan dilaksanakan delapan kali pertemuan, dimulai dari tanggal 23 kemarin sampai delapan hari kedepan tanggal 30 April 2024.

Kemudian dilanjutkan kembali pada manasik haji tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan pada tanggal 1-2 Mei 2024.

"Isi dari Manasik ialah teori sekaligus juga praktik, fiqih haji, kemudian praktek tawaf, sai dan aktifitas selama ibadah haji ditambah lagi dengan hal-hal teknis lain," kata Muhammad Hasbi saat ditemui disela-sela kegiatan manasik pada Kamis (25/4/2024) di Masjid Agung Al-Muawanah.

Dikatakan Muhammad Hasbi, untuk persiapan calon jamaah haji dari Kabupaten Sanggau sudah sangat matang mulai dari paspor hingga bio visa sudah selesai diurus.

"Alhamdulillah terkait dengan administrasi jemaah haji, paspornya sudah selesai kemudian proses bio visa juga sudah selesai," ucapnya.

Kemudian, dari sisi kesehatan, kondisi jasmani calon jamaah haji dari Kabupaten Sanggau telah melalui proses pemeriksaan/medical cek up dari sebelum kegiatan manasik dilaksanakan.

Dengan aturan yang baru calon jamaah hari harus dipastikan sehat terlebih dahulu sebelum melakukan pelunasan biaya haji.

"Karena tahun ini polanya berubah, kalau tahun lalu jemaah bisa melakuka pelunasan tanpa medical cek up, tapi tahun ini jemaah harus melakukan medical cek up terlebih dahulu setelah dipastikan kesehatannya baru yang bersangkutan bisa melakukan pelunasan," ungkapnya.

Hasbi memastikan, seluruh jamaah yang berangkat dalam keadaan fisik yang sehat dan mampu melaksanakan ibadah dengan baik.

Karena pada saat manasik jamaah telah diberikan penyuluhan kesehatan dan dilakukan vaksinasi oleh tim medis Dinkes Kabupaten Sanggau.

Jadi proses untuk kesehatan jamaah itu sudah jauh-jauh hari dilaksanakan sebelum manasik, ketika manasik juga dilakukan penyuluhan kesehatan, sekaligus kemarin tim dari kesehatan melakukan vaksin maningitis dan vaksin influenza untuk semua jamaah," ujar Hasbi.

Hasbi menambahkan, jamaah haji Kabupaten Sanggau sendiri jadwal keberangkatan masuk dalam kloter 18 bersama Kabupaten Kubu Raya, Sintang dan Sekadau.

Jamaah dijadwalkan akan dilepas keberangkatannya dari Kabupaten Sanggau pada 28 Mei 2024 menuju Kota Pontianak, kemudian pada tanggal 29 Mei transit ke Batam yang selanjutnya akan terbang pada tanggal 30 Mei ke Kota Jedah Arab Saudi. (ans)

Leave a comment