PLN Siap Sinergi dengan Pemda untuk Pemindahan Tiang Listrik di Bahu Jalan

11 Mei 2024 11:14 WIB
Petugas PLN melakukan pemindahan tiang listrik. (Dok PLN Kalbar)

PONTIANAK, insidepontianak.com - PLN Kalbar siap bersinergi dengan pemerintah daerah, melakukan pemindahan atau penggeseran tiang listrik yang berada di bahu jalan. 

General Manager PLN Kalbar, Joice Lanny Wantania mengatakan, pihaknya telah menginventarisir jumlah tiang dan kebutuhan anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan geser tiang listrik di bahu jalan.

"Kemudian kami usulkan anggarannya ke PLN pusat, karena biaya yang dibutuhkan cukup besar,” katanya.

Joice menjelaskan bahwa selain mengeluarkan biaya yang cukup besar, proses pemindahan tiang ini juga akan mengakibatkan pemadaman listrik selama proses pekerjaan berlangsung. 

Oleh karenanya, penggeseran tiang listrik akan dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor teknis. Seperti kebutuhan daya listrik, jarak antartiang, serta peraturan keselamatan.

“Ketika dilakukan pemindahan tiang listrik, harus dilakukan pemadaman listrik berkisar antara 8 hingga 10 jam sebagai konsekwensinya dan itu pasti sangat mengganggu kenyamanan masyarakat yang menggunakan listrik,” terang Joice.

Joice menyatakan PLN Kalbar siap bersinergi dengan Pemprov Kalbar untuk bersama-sama mengkoordinasikan rencana pemindahan aset PLN termasuk tiang listrik apabila ada rencana proyek pelebaran jalan. 

Dengan sinergi dan koordinasi perencanaan tersebut, diharapkan penyusunan dan pengusulan anggaran dapat dilakukan lebih awal. 

Sehingga, pelaksanaan pekerjaan pemindahan tiang dapat dilakukan bersamaan dengan pelebaran jalan. Hal ini pada akhirnya akan mengurangi risiko kecelakaan bagi masyarakat pengguna jalan.

Joice juga menambahkan bahwa tiang listrik menjadi salah satu sarana layanan kepentingan umum, merujuk pada Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan beserta peraturan pelaksanaannya.***


Penulis : Abdul Halikurrahman
Editor : -

Leave a comment