Bupati Satono Apresiasi Inovasi Desa Mensade Jadikan Wisata Budaya 'Batu Ramin Jadi' sebagai Cagar Budaya Lokal

14 Mei 2024 08:22 WIB
Bupati Satono resmikan tempat wisata budaya “Batu Ramin Jadi” di Desa Mensade, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas, Senin (13/5/2024). (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Bupati Sambas Satono, secara resmi melaunching tempat wisata cagar budaya 'Batu Ramin Jadi' di Desa Mensade, Kecamatan Subah, Senin (13/5/2024).

Bupati Satono mengapresiasi Pemerintah Desa Mensade yang sangat kreatif dan inovatif dalam melestarikan tempat wisata Batu Ramin Jadi sebagai cagar budaya aset lokal. 

"ini wisata yang perlu dijadikan aset. Melestarikan budaya lokal, apapun ceritanya, ini bagian dari salah satu aset budaya lokal," ucapnya. 

Ia mengungkapkan bahwa Batu Ramin Jadi merupakan salah satu aset lokal yang perlu dilestarikan oleh pemerintah dan warga setempat. 

"Jarang kita temukan desa seperti ini yang punya inovasi dan kreasi, dari berapa 195 desa di Kabupaten Sambas, Desa Mensade dapat melestarikan aset lokal, ini sangat luar biasa," ucapnya.

"Saya minta untuk Bu Camat dan Pak Kades, lahan ini dijaga baik dan alasnya harus ada, sertifikat harus segera diproses," lanjutnya.

Bupati Sambas menegaskan jangan sampai suatu hari pada saat tempat wisata tersebut sudah bagus, ada orang mengakui tempat wisata tersebut jadi miliknya. 

"Siapa saja yang berkunjung ke sini, kita harus secara bersama-sama menjaga kebersihan wisata budaya lokal batu Ramin Jadi, kemudian jalan dan jembatan juga harus mendukung, agar semakin menarik wisatawan," pesannya. 

Ia menyebutkan, hal yang tak kalah penting dalam memajukan daerah adalah kebersamaan dan kekompakan masyarakat.

"Terima kasih banyak kepada seluruh masyarakat Desa Mensade, mudah-mudahan Desa Mensade menjadi role model bagi desa-desa yang ada di Kabupaten Sambas," pungkasnya.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar