Pasar Sambas Berhias, Membawa Berkah bagi Pedagang UMKM

15 Mei 2024 14:35 WIB
Lita, pedagang kopi di Pasar Sambas Berhias. (Insidepontianak.com/Antonia Sentia).

SAMBAS, insidepontianak.com - Pasar Berhias Sambas, menjadi spot baru tempat nongkrong di Kabupaten Sambas.

Trotoar yang dibangun lebar, dilengkapi dengan lampu-lampu, membuat area pasar itu menjadi rapi nan indah saat malam hari.

Fasilitas ini pun membawa berkah bagi pelaku UMKM. Lita, salah satu pedagang kopi yang berjualan di area pasar tersebut ikut merasakan manfaatnya.

lapak daganganannya selalu ramai saat malam hari. Ini karena lingkungan pasar sudah nyaman dan bersih.

Lita sendiri sudah 7 tahun berdagang di area pasar tersebut. Tapi baru beberapa bulan terakhir, merasakan keramaian pengunjung.

Menurutnya, ketertarikan warga lokal nongkorng di ara Pasar Sambas Berias, tak lepas dari keberhasilan pemerintah melakukan penataan dengan menghadirkan berbagai ornament, sehingga membuat lingkungan menjadi nyaman.

“Saya sudah jualan selama 7 tahun, alhamdulillah pendapatan semakin menambah. Dari yang biasanya sepi sekarang sudah ramai setiap malam,” katanya.

Lita mengaku, dalam satu malam, hasil dagangannya bisa mencapai Rp1 juta. Ia mulai berdangang dari setelah Isya sampai pukul tiga subuh.

“Paling kecil untung sekitar Rp700 ribuan. Alhamdulillah,” ucapnya.

Karena itu, ia mengapresiasi Pemkab Sambas yang telah menata Pasar Sambas, sehingga menjadi rapi, bersih dan indah. Sehingga memberikan berkah tersendiri bagi para pelaku UMKM yang berdagang di area pasar.

“Saya harap juga ada tempat sampah di sekitar pasar, kemudian ada toilet umum, yang tidak jauh dari tempat kami berjualan karena biasanya setiap malam selalu mencari kalau misalnya dia lama dalam bersantai di pasar,” ucapnya.***

Untuk diketahui, pembangunan pedestrian Pasar Sambas dilakukan di era Bupati Satono berkerja sama dengan Kementrian Perdagangan. Pasar ini telah diresmikan pada 9 Januari 2023.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment