Bupati Satono Buka Event Budaya Barape Sawa, Harap Warisan Leluhur Terus Dijaga

17 Mei 2024 20:59 WIB
Pemukulan gong oleh Bupati Sambas Satono sebagai tanda event budaya Barape Sawa di Desa Balai Gemuruh Kecamatan Subah resmi dimulai, Kamis (16/5/2024). (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Bupati Sambas, Satono resmi membuka event budaya Barape Sawa, di Desa Balai Gemuruh, Kecamatan Subah Kamis (16/5/2024).

Rombongan Bupati Satono disambut meriah oleh warga Desa Balai Gemuruh, dengan tarian adat istiadat khas Dayak Bekati.

Bupati Satono, mengucapkan selamat atas terselenggaranya Barape Sawa, dan sangat mendukung penuh terselenggaranya kegiatan tahunan ini.

Tradisi budaya Barape Sawa merupakan tradisi suku Dayak Bekati, dalam mengungkapkan rasa syukur kepada tuhan, yang telah memberikan panen pada musim tanam sebelumnya.

“Pemda Sambas sangat mendukung tradisi yang ada di Kabupaten Sambas. Begitu juga dengan kegiatan suku-suku lain,” ucapnya.

Menurutnya, budaya Barape Sawa dinilai sebagai momentum membangun daerah, baik itu sisi budaya, ekonomi kerakyatan bagi pelaku UMKM.

"Semogga event budaya seperti ini terus dilestarikan, jangan sampai termakan oleh zaman, harus diwariskan sampai ke generasi selanjutnya,” pesannya.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar