Kamaruzaman Sampaikan 3 Keberhasilan Pemkab Kubu Raya Jalankan Program Fokus Pemprov Kalbar

30 Mei 2024 11:48 WIB
Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman menyampaikan keberhasilan Pemkab Kubu Raya dalam melaksanakan 3 program kerja yang menjadi fokus Pemprov Kalbar.

Ketiga program kerja itu di antaranya, pengendalian inflasi, penurunan angka stunting dan penurunan angka kemiskinan ekstrem.

Kamaruzaman menjelaskan, terkait dengan pengendalian inflasi, Kabupaten Kubu Raya merupakan Indeks Pengembangan Harga (IPH) yang juga berkontribusi terhadap perhitungan inflasi Kota Pontianak.

"Kita punya bandara, ini juga menjadi perhitungan, berkaitan dengan 20 komoditi yang menjadi kewenangan pengendalian inflasi dari kabupaten/kota itu, Kubu Raya juga yang mensuplai Kota Pontianak," kata Pj Syarif Kamaruzaman, di Jakarta, (29/5/2025).

Mengingat hal itu, kata Kamaruzaman, maka diharapkan di Kabupaten Kubu Raya ada pasar induk atau toko yang mampu menyediakan 20 komoditi tersebut, sehingga ketersediaan 20  komoditi itu tetap diupayakan tersedia di Kubu Raya.

"Jadi harapan kita nanti, pedagang itu langsung datang ke Kubu Raya. Kubu Raya tidak lagi harus menyuplai ke Kota Pontianak. Ini salah satu terobosan yang ingin kita wujudkan," harapnya.

Kemudian, berkaitan dengan stunting, pola perhitungan melalui Aplikasi elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) dengan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) setiap tahunnya realtime.

"Ini kita minta, seluruh bayi untuk tertib dan patuh melakukan penimbangan. Sehingga kita tau, mana yang stunting mana yang tidak, dan datanya juga bisa fix," jelasnya.

Data-data ini kata Kamaruzaman tentunya juga diharapkan bisa menunjukkan data-data yang sesungguhnya, jika ada yang kurang, maka data itu tentu tidak tercatat.

Kemudian untuk kemiskinan ektrem lanjut Pj Kamaruzaman di Kubu Raya hanya terdiri dari 542 Kepala Keluarga (KK), dan ini menjadi prioritas Pemkab Kubu Raya agar keluar dari perhitungan kemiskinan ekstrem itu.

Trobosan ini tentu bisa dilakukan dengan meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengurangi beban dan mengurangi beban yang menyasar pada kantong-kantong kemiskinan itu sendiri yang harus dilakukan intervensi.

"Dengan kekuatan dan daya upaya ini harus kita lakukan, tentu diharapkan  hasil akhirnya adalah sebuah kebersamaan seluruh perangkat daerah Kabupaten Kubu Raya untuk sama-sama berbuat yang terbaik, untuk Kubu Raya yang lebih maju," tutupnya.***


Penulis : Ril
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar