BUMDes Sabaya Maju Desa Sanatab,Jadi Solusi Bagi Masyarakat

30 Mei 2024 14:49 WIB
Kades Sanatab (sebelah kiri) bersama anggota BUMDes dan Pihak Kerja Sama CV. Mulyo Tehnik. (istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Minimnya jaringan di desa membuat BUMDes Sabaya Maju Desa Sanatab menjalin kerja sama membangun internet desa.

Pembangunan internet desa ini merupakan kerjasama antara Trans Hybrid Communication (THC) dan Kominfo dengan support dari CV. Mulyo Tehnik.

Kepala Desa Sanatab, Rino mengungkapkan, banyaknya keluhan masyarakat terakit akses jaringan yang sulit, menjadikan salah satu faktor pendorong berdirinya usaha internet jaringan nirkabel atau Wifi.

“Desa kita termasuk akses jaringan internet itu sulit, terlebih saat ini semuanya digital membutuhkan internet, jadi ketika ada tawaran kerja sama dari CV. Muhlyo terkait internet Wifi, kita terima,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, walaupun saat ini BUMDes Sanatab baru bergerak menjual voucher dan pengawasan, namun hal itu juga sudah memberikan dampak yang siginifikan bagi Desa.

“Saat ini kita /BUMDes membantu menjaga keamanan jaringan kabel optik dan menampung keluhan pelanggan yg seterusnya kami tindaklanjuti ke pihak pengelola jaringan, namun dengan adanya kerja sama ini menjadi solusi bagi desa dan masyarakat,” ucapnya.

Sudah berjalan 3 tahun, BUMDes Sabaya Maju Desa Sanatab berhasil memberikan Pendapatan Asli Desa (Peades).

“2 tahun ini sudah masuk Peades, walaupun tidak banyak, setidaknya sudah ada, juga sudah bisa mengaji anggota BUMDes, apalagi kita tidak keluar modal ya, cuman keluar jasa pengawasan saja,” ucapnya.

Adapun Penghasilan yang didapatkan dari kerjasama ini berdasarkan persenan dari hasil pendapatan yang sudah disepakati oleh BUMDes dan CV. Mulyo Tehnik.

“Kita mendapat 15% dari hasil penjualan voucher dan pemasangan wifi langganan, dan kedepannya mungkin akan bertambah sesuai dengan kesepakatan,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, BUMDes Sabaya Maju Desa Sanatab saat ini dikelola oleh 3 orang dan 1 pengawas dan harapan nantinya membuka peluang kerja bagi masyarakat.

“Harapannya, kedepan BUMDes Sanatab bisa menjadi wadah lowongan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan, sebagai Pemerintah Desa, akan kita upayakan terus,” katanya. (NIA)

 


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment