Bawaslu Sanggau Harap Panwaslu Berani Tangani Dugaan Pelanggaran Pilkada 2024

5 Juni 2024 18:00 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Anggota Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten mengikuti Bimtek penguatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan organisasi dari Bawaslu Sanggau pada Rabu (5/6/2024) di Hotel Garden Palace.

SANGGAU, insdepontianak.com -- Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Sanggau diharapkan menjalankan tugas dengan penuh keberanian dalam mengawasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Sanggau.

"Dalam pemilihan kepala daerah di Sanggau mereka tentunya harus benar-benar paham dan berani," kata Anggota Bawaslu Kabupaten Sanggau, Ahmad Zaini pada Rabu (5/6/2024) di Hotel Garden Palace.

Hal tersebut disampaikannya pada saat kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) penguatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan Organisasi bagi Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Sanggau.

Zaini sapaan akrabnya mengatakan, dalam Bimtek tersebut para Anggota Panwaslu Kecamatan diberikan penguatan-penguatan dalam menjalankan tugas dan fungsi pengawasan dan penanganan pelanggaran. 

"Targetnya mereka memahami, nilai-nilai dasar pengawasan, tata cara penanganan dan penyelesaian sengketa, keorganisasian dan penerimaan laporan," ucapnya.

Zaini menambahkan, pengetahuan dan keberanian dalam menjalankan tugas mengawasi Pilkada jadi modal utama bagi seorang pengawas pemilihan.

"Sehingga, setiap dugaan pelanggaran itu diproses menjadi temuan, bukan diabaikan begitu saja," tegas Zaini.

Selanjutnya, Zaini yang juga Koordinator Divisi SDMO, Pelatihan dan Diklat Bawaslu Sanggau itu berharap setelah Bimtek ini Anggota Panwaslu Kecamatan bisa memberikan penguatan serupa kepada Pengawas ditingkat Kelurahan/Desa.

"Nah, kemudian ini juga jadi modal bagi mereka (Panwaslu Kecamatan) untuk disampaikan kepada Pengawas di tingkat Desa/Kelurahan hal serupa," pungkasnya. (ans)


Penulis : Anshar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment