Tingkatkan Kewaspadaan, PLN UP2D Kalbar Gelar Simulasi Penanganan Tanggap Darurat di Area Objek Vital

12 Juni 2024 12:39 WIB
Reka adegan simulasi petugas dari Ditpamobvit melumpuhkan salah satu pelaku pengganggu keamanan di kantor PLN UP2D Kalimantan Barat. (Dok PLN)

PONTIANAK, insidepontianak.com - PLN UP2D Kalbar bekerja sama dengan Direktorat Pengamanan Objek Vital atau Ditpamobvit Polda Polda Kalbar, gelar simulasi tanggap darurat menghadapi huru hara dan teror, di halaman Kantor PLN UP2D Kalbar, Selasa (11/6/2024).

Tujuannya simulasi ini untuk membekali keterampilan dan kesiapan seluruh pegawai serta anggota keamanan dalam menghadapi ancaman, gangguan dan bahaya dalam tugas di lapangan baik dari internal maupun eksternal.

Manager PLN UP2D Kalbar, Deardo Simon Manalu menyampaikan, PLN UP2D Kalbar merupakan salah satu obyek vital nasional (Obvitnas) yang harus selalu dijaga agar bisa beroperasi dengan aman dan andal.

”Untuk mewujudkan suasana kerja yang kondusif, aman dan nyaman maka diperlukan kesiapan dan kesadaran semua personil baik itu pegawai, tenaga alih daya maupun satuan keamanan untuk memahami bahaya yang bisa saja timbul secara tiba-tiba di lingkungan tempat kita bekerja,” kata Deardo.

Ia menjelaskan, pada kegiatan ini, Satuan Ditpamobvit Polda Kalbar bersama pegawai PLN UP2D Kalbar melakukan simulasi dengan skenario menghadapi salah satu orang yang melakukan penyekapan dan ancaman kepada salah satu pegawai dengan membawa senjata api.

Dalam simulasi ini, pelaku adalah vendor yang merasa kecewa karena kontrak kerjanya dengan PLN diputus dan tidak diperpanjang, dengan sigap petugas PLN dibantu oleh polisi melumpuhkan pelaku dan menyelamatkan pegawai yang disandera.

General Manager PLN UID Kalbar, Joice Lanny Wantania menyampaikan simulasi ini juga merupakan upaya PLN untuk meningkatkan pengetahuan dan awareness pegawai terhadap potensi bahaya dan kondisi darurat di area perkantoran.

“Dengan serangkaian simulasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan menjadi amal ibadah bagi kita semua yang terlibat kegiatan ini, serta akan meningkatkan kesiapsiagaan semua karyawan khususnya satuan keamanan serta memberikan pemahaman untuk selalu waspada,” Kata Joice.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Kalbar atas kerjasa manya sekaligus berharap semoga silaturahmi dan komunikasi akan terus terjalin, membangun dan meningkatkan sinergitas antara Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Kalimantan Barat dengan PLN UID Kalimantan Barat untuk sama-sama menjaga Obvitnas.***


Penulis : Ril
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment