Paripurna DPRD Kalbar Kembali Molor, BK Diharap Bina yang Tak Disiplin

1 Juli 2024 11:24 WIB
Ruang rapat paripurna DPRD Kalbar tampak kosong. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah).

PONTIANAK, insidepontianak.com - Sidang paripurna, DPRD Kalbar molor lagi, Senin (30/6/2024). Sidang peripurna sedianya digelar pukul 09.00 WIB,  Namun, hingga kini belum dimulai karena belum korum. 

Agenda peripurna itu terkait penyampaian pandangan fraksi-fraksi terhadap Raperda Perubahan bentuk hukum PT Bank Kalbar menjadi perseroan daerah. 

Salah satu anggota DPRD Kalbar yang enggan disebutkan namanya mengaku sangat prihatin dengan kerap molornya sidang paripurna di DPRD. Sebab, kejadian tersebut telah terjaid berulang-ulang. 

"Saya sanggat prihatin, kejadian ini bukan baru pertama," katanya. 

Dia mendorong Badan Kehormatan DPRD Kalbar memberikan langkah-langkah pembinaan dan bila perlu diumumkan saat paripurna orang-orang kerap tak disiplin. Sebab, mereka itu merugikan anggota-anggota dewan yang rajin. 

"Karena ini amanah rakyat. Bayangkan dalam satu tahun 360 hari, dikurangi hari libur, paling 100 hari kerja. Dari 100 hari kehadiran ada yang hanya 10 persen. Bayangkan," katanya. 

Sementara jika alasan ketidakhadiran karena tak terpilih, banyak juga kata dia anggota DPRD yang tak terpilih disiplin hadir. Karena itu dia berharap agar BK dapat melakukan pembinaan. 

Ketua BK DPRD Kalbar, Irsan mengatakan, ada beberapa hal yang menyebabkan ketidak hadiran anggota DPRD. Di antaranya kesibukan, dan ada juga izin karena kegiatan lain dan sakit. Yang jelas BK DPRD Kalbar terus melakukan pembinaan kepada anggota. 

"Ketika enam kali berturut-turut maka akan diberikan sanksi. Akan memberikan surat tertulis yang disurati kepada pimpinan fraksi," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment