Transaksi Naik, Qris Bank Kalbar Capai 1.327 Tersebar di Kota Pontianak

15 Agustus 2024 12:44 WIB
Pimpinan Bank Kalbar Kantor Cabang Kota Pontianak Edi Kusnaidi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pada periode Januari hingga Juni 2024, Bank Indonesia Kalbar mencatat nominal transaksi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) di Kalbar mencapai Rp 1,5 triliun. 

Angka ini meningkat sebesar 181,9 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2023.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Kalbar, NA Anggini Sari  mengatakan jika dilihat dari sisi volume, transaksi QRIS di Kalbar pada pertengahan pertama tahun 2024 sebesar 13,5 juta transaksi.

"Atau meningkat 229,0 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023,” ungkapnya usai Opening Ceremony Pekan QRIS Nasional (PQN) 2024 di Taman Alun-alun Kapuas.

Menurutnya pada periode Januari – Juni 2024, merchandise QRIS di Kalbar tercatat berjumlah 350.911 atau meningkat sebesar 30 persen secara tahunan (yoy). Dari jumlah tersebut sebanyak 63,3 persen di antaranya merupakan usaha mikro (UMI).

“Ini menunjukkan bahwa QRIS telah dimanfaatkan secara luas oleh pedagang kecil, yaitu warung/toko dan pedagang kaki lima (PKL) seperti penjual jajanan pasar dan lainnya,” kata Anggini.

Lebih lanjut Anggini mengatakan, jumlah pengguna (user) QRIS di Kalbar per Juni 2024 tercatat sebesar 682,1 ribu pengguna, meningkat 37,9 persen secara tahunan. 

“Jumlah pengguna tersebut, berkisar 23 persen dari jumlah penduduk dewasa di Kalimantan Barat. Sehingga masih ada potensi penambahan jumlah pengguna yang cukup besar,” ujar Anggini.

Dalam upaya meningkatkan penggunaan QRIS, Bank Indonesia terus melakukan inovasi dengan semakin melengkapi fitur-fiturnya. Di antaranya dengan fitur terbaru QRIS TAP berbasis Near Field Communication (NFC), yang semakin mempermudah transaksi QRIS ke depan.

Sementara itu untuk Qris Bank Kalbar Kantor Cabang Umum sudah beredar sebanyak 1.327 yang tersebar di berbagai titik di Kota Pontianak.

Pimpinan Bank Kalbar Kantor Cabang Kota Pontianak Edi Kusnaidi mengatakan melalui Kepala Bagian Penghimpunan Dana mengajak seluruh masyarakat Kalbar untuk membuka rekening di Bank Kalbar karena akan ada souvenir menarik.

"Ayo daftarkan Qris anda dengan membuka rekening Bank Kalbar akan mendapat souvenir menarik," jelasnya.

Pihaknya juga mengajak semua nasabah Bank Kalbar yang berada di Kota Pontianak untuk mem follow IG Bank Kalbar _ KCU untuk memdapat informasi terkait produk dan layanan jasa Bank Kalbar. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar