Dukung Perluasan Qris, Pj Gubernur Kalbar Harisson Hadiri Puncak Pekan Qris Nasional 2024

18 Agustus 2024 16:56 WIB
Puncak Pekan Qris Nasional 2024 di Kalbar dihadiri Pj Gubernur Kalbar Harisson didampingi Pj Ketua TP- PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari Harisson di Taman Alun-Alun Kapuas Pontianak, Minggu (18/8/2024).

PONTIANAK, insidepontianak.com - QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar nasional pembayaran menggunakan metode QR Code yang diluncurkan oleh Bank Indonesia.

Puncak Pekan Qris Nasional 2024 di Kalbar dihadiri Pj Gubernur Kalbar Harisson didampingi Pj Ketua TP- PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari Harisson di Taman Alun-Alun Kapuas Pontianak, Minggu (18/8/2024).

Saat menghadiri Pekan QRIS Nasional 2024, Pj Gubernur Harisson mengatakan bahwa kegiatan ini dalam mengkampanyekan bahwa QRIS ini cepat, mudah, murah dan aman. 

Kemudian Harisson juga mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan cakupan Qris dan berharap seluruh masyarakat Kalimantan Barat mempunyai rekening dan dapat menggunakan Qris.

"Transaksi menggunakan Qris itu mudah, cukup bawa HP nya sajak termasuk para pedagang UMKM yang menjual memasarkan dagangannya," ungkap Harisson.

Kemudian untuk merespon upaya perluasan digitalisasi melalui Pemerintah dan sektor Kalimantan Barat, Orang nomor satu di Kalimantan Barat ini juga turut mendukung program Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) wilayah Kalimantan Barat menuju 100 persen Pemerintah Daerah digital pada Tahun 2025.

"Jadi sebenarnya kalau ASN di pemerintah Provinsi dan seluruh Kabupaten/Kota gajinya sudah melalui Bank atau transfer melalui rekening," jelasnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia wilayah Kalimantan Barat, Nur Asyura Anggini Sari mengungkapkan Pekan QRIS Nasional 2024 dilaksanakan serentak oleh 46 kantor perwakilan Bank Indonesia seluruh Indonesia yang diselenggarakan mulai 12 Agustus yang lalu dan berakhir pada hari ini 18 Agustus 2024.

"Pekan QRIS Nasional ini diselenggarakan dalam rangka untuk meningkatkan akselerasi pembayaran digital oleh masyarakat juga untuk kami Bank Indonesia melakukan sosialisasi kebijakan-kebijakan di bidang keuangan, khususnya sistem pembayaran," jelasnya.

Ditambahkan Anggini, QRIS ini diciptakan oleh Bank Indonesia pada tahun 2019 di usianya yang ke- 5.
"Tahun ini  diselenggarakan Pekan QRIS nya bersamaan dengan Dirgahayu Republik Indonesia ke 79," tutupnya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar