Bangkitkan Kembali Budaya Wastra Kalbar, Windy Dukung Perajin dan Pelaku Ekonomi di Kalbar

4 September 2024 06:09 WIB
Penjabat Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari

PONTIANAK, insidepontianak.com - Penjabat Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari menerima penghargaan sebagai tokoh promosi fashion tenun Kalimantan Barat. 

Penghargaan diberikan pada penutupan Pekan Tenun Kalimantan Barat yang lalu.

Kegiatan pekan Tenun Kalimantan Barat merupakan peringatan hari tenun nasional yang jatuh pada 7 September. 

Pada momen ini ia berpesan untuk para pemuda Kalimantan Barat, mari bangkitkan kembali warisan budaya melalui tenun yang ada di Kalimantan Barat dengan bagaimana cara sendiri untuk mengembangkan kiprah - kiprah pemuda sebagai generasi muda.

Karena memang diperlukan inovasi yang menang semuanya ada di generasi muda dengan bagaimana mengangkat warisan budaya ini.

"Dan bagaimana kita mengangkat produk ekonomi kreatifitas ini agar bisa membantu masyarakat Kalimantan Barat khususnya para perajin dan pelaku ekonomi di Kalimantan Barat," ucap Windy.

Tak hanya itu, dirinya juga meminta kepada Pemuda Kalimantan Barat untuk berkiprah karena generasi muda yang nantinya akan membangun Kalimantan Barat.

Kiprah para generasi muda sangat ditunggu dalam membangun Kalimantan Barat, tentunya dengan berbagai macam bidang dan saat ini pemuda di Kalimantan Barat sudah banyak yang berminat.

"Karena kalau dilihat dari fashionnya ada sedikit tenun yang di aplikasikan di baju, ditas ataupun di topi sudah sering kita lihat," terangnya.

Seperti diketahui, upaya maksimal Dekranasda Kalbar dalam memperkenalkan wastra dan kerajinan khas daerah telah menunjukkan hasil, bahkan semakin dikenal oleh masyarakat luar Kalbar baik nasional maupun internasional.

Sebelumnya wastra Kalbar menjadi pilihan Presiden RI dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10, lalu Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Istri memakai Wastra Kalbar dalam agenda Peringatan HUT RI ke-79.

Tak sampai disitu wastra dan kerajinan Kalbar juga dipilih untuk mengisi Galeri Nusantara Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 

Hal ini tentunya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kalbar untuk mempromosikan wastra dan kerajinan Kalbar kepada seluruh Provinsi di Indonesia.

Dengan diraihnya penghargaan sebagai tokoh promosi fashion tenun Kalimantan Barat, Windy Prihastari mengajak generasi muda untuk turut serta melestarikan dan mengembangkan warisan budaya tenun. 

Melalui inovasi dan kreativitas,para pemuda diharapkan mampu mengangkat martabat tenun Kalimantan Barat di kancah nasional maupun internasional.

"Kolaborasi antara generasi muda dan para pelaku industri kreatif lainnya diharapkan dapat menghasilkan produk-produk tenun yang semakin inovatif dan diminati pasar," tutupnya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar