Harumkan Kalbar, Tim Panjat Tebing Speed Relay Putra Raih Medali Perunggu

9 September 2024 06:25 WIB
Kontingen Cabang Olahraga (Cabor) panjat tebing Provinsi Kalbar berhasil menyumbang medali perunggu

BANDA ACEH, insidepontianak.com - Pada babak final kategori speed relay putra, kontingen Cabang Olahraga (Cabor) panjat tebing Provinsi Kalbar berhasil menyumbang medali perunggu.

Raihan perunggu kedua berhasil diraih dari Cabang Olahraga (Cabor) panjat tebing speed relay putra Veddriq Leonardo dan tim dengan mengalahkan tim kuat asal Jawa Barat. 

Dalam pertandingan itu, ketiga atlet Kalbar Veddriq Leonardo, Dony Kurniawan dan Ryan Ramadani bermain dengan kekuatan tim. 

Catatan waktu terbaik tim Kalbar 16,78 detik lebih cepat dibanding Jabar yang mencatatkan waktu 18,86 detik. Dengan raihan itu, tim speed relay Kalbar berhasil meraih juara tiga dengan meraih medali perunggu pada pertandingan yang berlangsung di Kawasan Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Minggu Sore (8/9/2024).

Pj Gubernur Kalbar Harisson didampingi Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat yang juga selaku Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari Harisson turut menyaksikan Veddriq Leonardo dan tim dalam berjuang untuk mengharumkan nama Kalimantan Barat meraih medali.

Tak hanya itu, pada pertandingan tersebut, Veddriq dan tim panjat tebing Kalimantan Barat juga disaksikan oleh tamu Istimewa yaitu Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid, Ketua KONI Kalbar, Fachrudin Siregar beserta tim dan Direktur Utama Bank Kalimantan Barat, Rokidi.

“Saya melihat langsung Veddriq dan teman-teman bertanding. Mereka bermain dengan semangat patriotik tinggi, berupaya untuk mendapatkan hasil terbaik. Di kategori beregu ini alhamdulilah Kalbar berhasil membawa medali perunggu. Mudah-mudahan lusa. di kategori speed tunggal, Veddriq bisa mendapatkan medali emas,” ungkap Harisson.

Dirinya juga  berencana akan menyaksikan langsung pertandingan Veddriq yang bermain di kategori speed. 

"Mudah-mudahan dengan adanya dukungan langsung bisa menambah motivasi teman-teman atlet. Tidak hanya panjat tebing saja, namun untuk cabor lainnya sehingga di PON Aceh-Sumut raihan medali bagi Kalbar bisa terus bertambah," harapnya.

Seperti kita ketahui, prestasi atlet cabor panjat tebing Kalimantan Barat sudah tembus level internasional yang pastinya dari sisi perlengkapan sarana prasarana olahraga panjat tebing akan menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. 

Selain prestasi panjat tebing Orang nomor satu di Kalimantan Barat juga melihat perkembangan olahraga lain yang memiliki prestasi. 

Namun dalam pembangunan sarana prasarananya tidaklah bisa dilakukan sekaligus, sehingga untuk saat ini dibangun sarana prasarana olahraga skala prioritas. 

Sebelumnya diakui Harisson Pemprov Kalbar telah membangun GOR Terpadu A Yani. Di gedung tersebut digunakan untuk volli, futsal, basket dan tinju. 

Di 2025 akan diupayakan untuk membangun sarana olahraga panjat tebing di kawasan GOR. 

Berikutnya apa yang menjadi prioritas dalam membangun sarana, sehingga pihaknya menggunakan skala prioritas yang nantinya Tim KONI bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan mengkaji sarana prasarana mana dulu yang artinya akan dibangun dengan membawa banyak manfaat sebagian besar atlet.

"Jadi itu yang terus kita kaji karena memang kita memiliki keterbatasan dana. Kalau soal pembinaan atlet itu kita serahkan kepada KONI,” terangnya usai menyaksikan pertandingan Cabor Panjat Tebing.

Pengalungan medali Panjat Tebing Speed relay putra dilakukan langsung oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Barat. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar