Pembukaan Peparnas XVII Dihadiri Pj Sekda Kalbar Mohammad Bari

7 Oktober 2024 09:11 WIB
Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo bertempat di Stadion Manahan Solo Jawa Tengah.

SOLO, insidepontianak.com - Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo bertempat di Stadion Manahan Solo Jawa Tengah.

Pj Sekda Provinsi Kalbar Mohammad Bari bersama Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan Kalbar D. Efy Masfiati, menghadiri Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII.

Pesta olahraga tahunan tersebut akan digelar mulai dari tanggal 6 hingga 13 Oktober 2024 yang diikuti oleh 35 Provinsi di indonesia.

Peparnas ini merupakan suatu ajang kompetisi yang menyerupai Pekan Olahraga Nasional (PON) bagi atlet[1] penyandang disabilitas Indonesia.

Perbedaan PON dan Peparnas terletak pada pembagian kelas dan teknis pertandingan, dimana atlet dikelompokkan berdasarkan kondisi fisiknya

Presiden Joko Widodo mengatakan kehadirannya khusus untuk menyaksikan atlet disabilitas bertanding dan official peserta Peparnas. 

"Kita semua patut berbangga karena atlet penyandang disabilitas Indonesia daya juang yang luar biasa, prestasinya juga sangat membanggakan, diajang ASIAN Paragames misalnya Indonesia meraih juah umum tiga kali berturut-turut yaitu ASIAN Paragames 2017, 2022 dan 2023," terangnya.

Ia mengungkapkan, Peparnas ini bukan hanya sebuah pertandingan. Namun sebagai panggung kesetaraan bagi atlet disabilitas untuk turut menampilkan kemampuan terbaiknya. 

"Oleh sebab itu, mari kita sukseskan Peparnas yang tidak hanya melahirkan atlet potensial dan para pencetak rekor baru, tetapi juga sebagai panggung kesetaraan bagi atlet penyandang disabilitas untuk menampilkan kemampuan terbaiknya," ajaknya.

Ia mengajak para atlet penyandang disabilitas untuk menampilkan penampilan terbaiknya 

"Mari bertanding dengan suasana persaudaraan dan berjuang dengan semangat sportifitas," Pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Sekda Kalbar Mohammad Bari yang hadir pada acara tersebut turut mengapresiasi kegiatan ini karena memberi kesempatan bagi para penyandang disabilitas untuk menunjukkan potensinya. 

Dirinya juga mengapresiasi atas kehadiran Presiden Jokowi yang secara langsung membuka kegiatan tersebut dan menjadi penyemangat bagi para atlet yang akan bertanding.

"Kehadiran kita di Peparnas ini juga sebagai bentuk dukungan dan memberi semangat bagi atlet disabilitas kontingen Kalbar yang turut bertanding," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PB Peparnas, D.B. Susanto dalam laporannya mengatakan, Peparnas XVII ini diikuti oleh 35 provinsi. 

"Peparnas kali ini diikuti oleh 4625 atlet dan official dari 35 provinsi." ungkap Susanto.

Susanto menambahkan bahwa pihaknya akan bekerja keras agar penyandang disabilitas mendapatkan kesempatan yang sama. 

"Kami akan bekerja keras untuk memastikan para atlet penyandang disabilitas, mendapatkan kesempatan yang sama dalam olahraga dan kehidupan," tutupnya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar