Pj Sekda Kalbar Mohammad Bari Dukung BPJS Ketenagakerjaan Beri Manfaat Tenaga Kerja

25 Oktober 2024 19:49 WIB
Pj Sekda Kalbar, Mohammad Bari dan Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Pramudya Iriawan Buntoro saat membuka secara resmi Monitoring dan Evaluasi Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Pada Ekosistem Desa Provinsi Kalbar yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemprov Kalbar komitmen dalam melindungi jaminan sosial para pekerja melalui Pergub Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan Pemberian Bantuan Iuran untuk perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Pada tahun 2024 ini Pemprov Kalbar menganggarkan kembali bantuan iuran jaminan sosial ketenagakerjaan bagi 26.373 pekerja rentan dan petani perkebunan sawit yang tidak mendapat perlindungan jaminan sosial sari perusahaan," ungkap Pj Sekda Kalbar, Mohammad Bari saat membuka secara resmi Monitoring dan Evaluasi Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Pada Ekosistem Desa Provinsi Kalbar yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan di Hotel Mercure Pontianak, Jum'at (25/10/2024).

Berdasarkan data dari Universal Coverage Jamsostek (UCJ) di Wilayah Kalbar untuk capaian sementara disekitar 35,35 persen dan artinya masih dibawah target yang telah ditentukan dalam RPJMN tahun 2024 sebesar 50,24 persen.

"Oleh karena itu perlu adanya upaya dalam percepatan peningkatan cakupan kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini," pinta Pj Sekda Kalbar.

Dikatakannya dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan tersebut, tentunya akan memberikan manfaat bagi tenaga kerja khususnya di desa.

"Jadi program ini untuk para aparatur, BPD LKD dan pekerja rentan yang terlibat dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di desa bisa merasa aman dalam menjalankan tugas mereka, karena terlindungi dari berbagai risiko," katanya.

Pj Sekda Kalbar mengimbau kepada seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota maupun Perangkat Desa untuk terus berkontribusi melindungi para pekerja yang ada di wilayahnya dengan mengalokasikan anggaran agar mendapatkan akses terhadap BPJS Ketenagakerjaan.

"Dengan begitu, kita tidak hanya memberikan perlindungan tetapi juga membangun desa-desa kita menjadi lebih kuat dan berkelanjutan," urainya.

Sementara itu, Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Pramudya Iriawan Buntoro, berharap dengan terselenggaranya  agenda tersebut dapat mencari solusi dalam mencapai target yang telah ditentukan.

"Semoga semua rekomendasi yang dihasilkan bisa dimaklumatkan dengan baik sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera di masa-masa mendatang," singkatnya.

Usai memberikan sambutan, Pj Sekda Kalbar Mohammad Bari didampingi Direktur Kepesertaan Ketenagakerjaan menyerahkan penghargaan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada perangkat desa, RT dan RW serta pekerja rentan. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

ikalsm

Berita Populer

Seputar Kalbar