Jaga Netralitas, Bawaslu Kayong Utara Gelar Sosialialisasi Partisipatif Pengawasan Kampanye

11 Oktober 2024 13:52 WIB
Ketua Bawaslu Kayong Utara Kosasih saat membuka kegiatan Sosialialisasi Partisipatif Pengawasan Kampanye Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Kayong Utara.

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Menjelang Pilkada 2024, Bawaslu Kabupaten Kayong Utara genjar melakukan Sosialialisasi Partisipatif Pengawasan Kampanye Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Kayong Utara, yang digelar di Hotel Mahkota Kayong, Jumat (11/10/2024).

Anggota Bawaslu Kabupaten Kayong Utara, Deny Hardiansyah mengatakan bahwa sosialisasi ini sangat penting dilakukan, agar rambu - rambu Pilkada ini dapat dipahami seluruh pihak. Dalam sosialiasi ini, narasumber yang dihadirkan lebih banyak menyinggung terkait netralitas ASN.

Kepada peserta yang hadir ia berharap seluruh aturan dan panduan terkait netralitas ASN dapat disosialisasikan secara efektif hingga ke tingkat akar rumput.

"ASN harus tetap independen dan profesional dalam menjalankan tugas mereka, tanpa memihak kepentingan politik tertentu. Dan ASN mematuhi surat edaran terkait netralitas guna memastikan mereka tidak terpengaruh oleh kepentingan politik tertentu,” ungkap Deny.

Langkah preventif ini diharapkan dapat menimalisir pelanggaran yang dilakukan ASN. Selain itu, ia juga menghimbau bagi masyarakat yang menemukan pelanggaran agar dapat melaporkan temuan pelanggaran ke Bawaslu Kayong Utara, agar dapat dikaji dan dilakukan penindakan.

“Kegiatan ini merupakan langkah preventif untuk meminimalisir pelanggaran menjelang tahapan kampanye. Untuk pelapor yang menemukan pelanggaran nanti kita juga pastikan identitas pelapor kita jaga kerahasiannya, jadi jangan segan-segan," ujarnya. (Fauzi)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar