Wabup Ketapang Farhan Tutup Diklatsar Banser dan Denwatser, Ini Pesannya

3 Maret 2024 09:28 WIB
Ilustrasi
  1. KETAPANG, insidepontianak.com - Wakil Bupati Ketapang Farhan menutup kegiatan pendidikan dan latihan dasar atau Diklatsar Banser dan Denwatser PC GP Ansor Ketapang, di Desa Suka Mulya, SP2 Kecamatan Sungai Melayu Rayak, Minggu (12/03/2023).

Dalam sambutannya, Farhan mengatakan ada 3 kerangka besar menjadi tugas para Banser dan Denwatser. Pertama banser harus mempu membela agama. Kedua membela ulama. Dan ketiga membela negara.

"Ketika kita membela agama didalam itu juga kita harus menjaga para ulama kita. Jadi sahabat-sahabat Banser itu salah satunya membela agama, kedua membela bangsa dan negara," ujar Farhan.

Tugas Banser membela agama, tidak hanya untuk satu agama. Tetapi semua agama yang ada di negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

"Tentu sahabat-sahabat ini adalah Banser yang memiliki wawasan luas dan yang tinggi bagi bangsa ini," tambah Farhan.

Karena itu, ia juga berharap, sahabat-sahabat Benser harus memilki tanggung jawab membela bangsa dan paling penting juga membela Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"NKRI harus dipertahankan, GP Ansor punya nyanyian yang isinya bagaimana kita menjaga negara ini," ucapnya.

Selain itu, Farhan juga menekankan kepada sahabat-sahabat Banser, yang telah mengikuti Diklatsar, agar menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Jaga marwah, jaga organisasi kita, jangan permalukan organisasi ini oleh sejumlah oknum," pesannya.

Banser adalah anak bangsa yang harus siap membawa kemajuan daerah. Maka, peran Banser cukup besar. Harus mampu menjaga ketertiban dan keamanan dan menciptakan hidup rukun sesama warga.

"Semoga dengan kegiatan ini, Kecamatan sungai Melayu Rayak bisa aman, nyaman dan sejahtera," tutupnya.

Selanjutnya dalam kegiatan penutupan tersebut dilakukan prosesi pembaiatan sebanyak 29 Banser dan 5 Denwatser se-Kabupaten Ketapang.

Di mana, peserta diklat mencium bendera Sang Saka Merah Putih, Bendera NU serta Bendera Ansor-Banser dan bersumpah setia bertakwa kepada Allah SWT, setia kepada Pancasila dan UUD 1945 serta menjaga NKRI.

Selanjutnya dilakukan pula penyiraman kembang 7 rupa oleh Wakil Bupati Ketapang Farhan yang juga mustasyar NU Ketapang dan Ketua Pembina Muslimat NU Hj Ervani Masitha Farhan serta pengurus PC GP Ansor dan NU.***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar