Bupati Martin Rantan: Budaya Karnaval Perahu Hias Sungai Pawan Aset Daerah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Dentuman meriam padam pelite menandakan Karnaval Perahu Hias Sungai Pawan dimulai, Jumat (27/10/2023).

Karnaval ini secara resmi dibuka Bupati Ketapang Martin. Pesertanya puluhan perahu hias. Mereka berlayar menyusuri Sungai Pawan, area Keraton Matan Tanjungpura hingga ke kawasan Taman Merdeka Kecamatan Delta Pawan.

Martin Rantan mengatakan, kebudayaan seperti ini menjadi salah satu aset daerah. Sehingga harus tetap dijaga dan kembangkan.

"Kebudayaan ini tak boleh hilang, harus tetap dijaga, untuk menjadi khaznaah daerah maupun budaya nasional," pesannya.

Menurut Martin, adat kebudayaan lokal Kabupaten Ketapang seperti ini, tak boleh hilang tergerus zaman, maupun terpengaruh budaya luar.

"Harus tetap dijaga, untuk menjadi khaznaah daerah maupun budaya nasional," harap Martin.

Sementara itu, Ketua Panitia Napak Tilas, Gusti Kamboja mengatakan, sedikitnya dua puluh kato hias dan delapan perahu lancang kuning, ambil bagian dalam menyemarakkan Karnaval Sungai Pawan tersebut.

"Ada juga yang swadaya masyarakat, untuk memeriahkan saja, itu ada sekitar tiga puluhan perahu," papar Kamboja.

Kamboja menyebut, Karnaval Sungai Pawan ini merupakan rangkaian dari Napak Tilas. Acara seperti ini juga untuk menghidupkan kembali peradaban sungai.

"Ini juga dapat jadi wisata unggulan ke depan Pemerintah Kabupaten Ketapang. Upaya kita membranding Sungai Pawan menjadi satu di antara destinasi wisata di Kabupaten Ketapang," harap Kamboja.***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar