Hadiri Acara LHP LKPP 2023, Farhan Siap Jalankan Arahan Presiden RI

9 Juli 2024 14:17 WIB
Wakil Bupati Ketapang Farhan (kanan) menghadiri acara Penyampaian Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023

KETAPANG, insidepontianak.com - Wakil Bupati Ketapang Farhan, menghadiri acara Penyampaian Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023.

Acara tersebut dihadiri Presiden Republik Indonesia, Ir. H.Joko Widodo, dan Wakil Presiden Prof. DR. KH. Ma'ruf Amin serta jajaran kabinet Indonesia Maju, yang berlangsung di gedung Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta, Senin (8/7/2024).

Presiden Jokowi menerima langsung penyerahan LHP LKPP tahun 2023 dari Ketua BPK RI dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut menyampaikan penghargaan dan apresiasi serta terima kasih kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) yang telah melaksanakan tugas pemeriksaan keuangan negara dan terus meningkatkan profesionalismenya dalam fungsi pemeriksaan. 

"Saya juga ingin menyampaikan selamat kepada seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah atas predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Keuangan Pemerintah tahun ini," ujarnya.

Selain itu, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bukan sebuah prestasi, melainkan kewajiban.

"Sering saya sampaikan, WTP bukan prestasi, tapi WTP adalah kewajiban menggunakan, menjalankan, dan mempertanggung jawabkan APBN dan APBD secara baik," kata Jokowi.

Terakhir dalam sambutannya Presiden Jokowi meminta kepada para Menteri, Kepala Lembaga, dan Kepala Daerah agar segera menindaklanjuti dan menyelesaikan rekomendasi-rekomendasi dari pemeriksaan BPK agar pengelolaan keuangan APBN dan APBD semakin baik.

Sementara itu, Wakil Bupati Ketapang Farhan usai kegiatan memberikan ucapan selamat kepada Pemerintah Pusat yang telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-8 kalinya.

Lebih lanjut diakui Farhan, pihaknya akan menindaklanjuti apa yang telah disampaikan  Presiden dalam pidatonya.

"Kami tadi hadir sekaligus mendengarkan arahan Bapak Presiden serta Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Dari arahan tersebut, kita akan menindaklanjuti apa yang menjadi perhatian Bapak Presiden,  sebagaimana yang telah kita laksanakan selama ini," ungkapnya.

Menurut Farhan, laporan keuangan yang transparan dan akuntabel merupakan kunci untuk membangun kepercayaan publik serta memastikan pembangunan yang berkelanjutan.

Turut hadir dalam Acara ini, seluruh Pimpinan Lembaga Negara, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Daerah Gubernur/Bupati/ Wali kota dan Ketua DPRD seluruh Indonesia. (Fauzi)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment