Bupati Ketapang Martin Diberi Gelar Dermalo Mangku Bumi Tanah Matan, Tuah Dayak Pesaguan

29 Juli 2024 14:24 WIB
Bupati Ketapang Martin Diberikan Gelar Dermalo Mangku Bumi Tanah Matan

KETAPANG, insidepontianak.com - Bupati Ketapang Martin Rantan dianugerahi gelar Adat Dayak Tertinggi Dermalo Mangku Bumi Tanah Matan oleh masyarakat Dayak Pesaguan saat mengelar ritual adat Pesalin Pesibur Anak Meangkat Hulun Menobus.

Pemberian gelar ini dilakukan saat Bupati dan Wakil Bupati Ketapang melakukan kunjungan kerja menghadiri acara Kanjan Serayong yang merupakan warisan Budaya Tak Benda, di Desa Serengkah Kecamatan Tumbang Titi, Jumat (26/7/2023).

“Gelar adat ini berdasarkan keturunan dan gelar yang dianugerahkan kepada Pak Bupati dan ini juga merupakan gelar tertinggi bagi masyarakat adat Dayak Pesaguan,“  kata demong adat Dayak Pesaguan.

Sedangkan Wakil Bupati Ketapang lanjut Demong Adat, untuk menghormatinya diberi gelar kehormatan Cendaga Cahaya Negeri Ketapang Bertuah. 

"Gelar ini diberikan karena Pak Farhan merupakan tokoh masyarakat sehingga masyarakat Dayak Pesaguan menghormati beliau,” jelasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Bupati Ketapang Martin Rantan mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat adat Dayak Pesaguan atas terselenggaranya beberapa ritual adat, dan penganugerahan gelar tertinggi bagi dirinya dan para pejabat Pemkab Ketapang. 

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang, saya memberikan apresiasi kepada Panitia, para demong adat dan masyarakat Tumbang Titi, khususnya Desa Serengkah  yang sudah melaksanakan kegiatan ritual adat Pesalin Pesibur ini,“ ucap Martin.

Lebih lanjut dirinya menyebut masyarakat Dayak Kabupaten Ketapang, khususnya Dayak Pesaguan banyak sekali ritual-ritual adat yang dilaksanakan seperti peristiwa kelahiran, adat perkawinan, adat pesalin pesibur, adat kematian, adat menyapat tahun, dan lainnya. 

Hal ini menurutnya, perlu terus dilestarikan, agar kelak anak cucu tetap mengenal identitas diri sebagai masyarakat Dayak yang mewarisi tradisi adat istiadat dari pada leluhurnya.

“Untuk itu, Pemkab Ketapang akan selalu memberikan perhatian kepada semua adat istiadat  yang ada di Kabupaten Ketapang,” pungkasnya saat kegiatan yang dihadiri banyak tokoh setempat tersebut. (Fauzi)

 


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar