Momen Napak Tilas, Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Ziarah ke Makam Raja Tanjung Pura

19 September 2024 13:49 WIB
Wakil Bupati Ketapang Farhan melakukan ziarah ke makam Raja - Raja Tanjung Pura

KETAPANG, insidepontianak.com - Bupati Ketapang Martin Rantan dan Wakil Bupati Ketapang Farhan melakukan ziarah ke makam Raja - Raja Tanjung Pura, Selasa (17/9/2024).

Ziarah ini dalam rangkaian kegiatan Napak Tilas tahun 2024 yang dilaksanakan 16 September sampai 21 September 2024.

Farhan dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini bukan sekedar bentuk penghormatan kepada para leluhur tetapi juga kesempatan untuk mengenang dan memperkuat identitas budaya yang telah diwariskan.

"Salah satu warisan yang sangat penting dari Kerajaan Tanjungpura dan kerajaan Matan adalah identitas budaya melayu yang menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat di Kabupaten Ketapang hingga saat ini," ujarnya.

Budaya melayu lanjutnya, telah lama menjadi salah satu unsur utama dalam sejarah peradaban di Kabupaten Ketapang dan telah membentuk corak kehidupan sosial, adat istiadat, serta kesenian yang dikenal hingga saat ini.

"Melalui kegiatan ziarah ini, kita diingatkan akan pentingnya menjaga hubungan dengan masa lalu, serta memperkuat akar budaya yang menjadi ciri khas masyarakat Ketapang," ucap Farhan.

Lebih lanjut menurut Farhan, warisan kerajaan Tanjungpura maupun Kerajaan Matan, termasuk identitas melayu yang melekat didalamnya adalah warisan berharga yang harus terus dilestarikan dan dijadikan sumber inspirasi untuk membangun masa depan Kabupaten Ketapang yang lebih sejahtera, bermartabat, dan penuh kebersamaan.

"Oleh karena itu saya mengajak kita semua untuk terus menjaga persatuan, kesatuan, serta keberagaman yang menjadi ciri khas masyarakat Ketapang. Mari kita jadikan momentum Napak Tilas ini sebagai tonggak dalam memperkuat komitmen kita untuk memajukan daerah tercinta, dengan selalu menghargai dan melestarikan warisan budaya kita," pungkasnya. (Fauzi)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar