Dirjen PDP Kemendes Puji BUMDes Parit Baru, Sumbang Pendapatan Desa Rp1,4 Miliar Per Tahun

8 Agustus 2024 11:15 WIB
Dirjen PDP Kemendes PDTT, Sugito didampingi Kades Parit Baru, Musa Abdul Hamid tinjau kantor BUMDes Bintang Baru Utama, Kamis (8/8/2024). (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Pemerintah Desa Parit Baru, Kubu Raya berhasil mengembangan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes. 

Walau baru berdiri lima tahun, BUMDes yang diberi nama Bintang Baru Utama sudah berhasil menjadi BUMDes berkembang. 

BUMDes Bintang Baru Utama ini sudah mampu menyumbang Pendapatan Asli Desa atau PADes Rp1,4 miliar per tahun, hinggah memiliki kantor sendiri yang megah di Jalan Parit Baru. 

Keberadaan kantor dan inovasi BUMDes Bintang Baru Utama tersebut dipuji Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, atau Dirjen PDP Kemendes PDTT, Sugito. 

Dirjen PDP itu mengunjungi Desa Parit Baru pada, Kamis (8/8/2024). Ia mendengar langsung unit usaha dan progres kemajuan BUMDes Bintang Baru Utama.

Kepala Desa Parit Baru, Musa Abdul Hamid mengatakan, BUMDes Bintang Baru Utama berdiri baru lima tahun, dan mampu mempekerjakan 39 pekerja yang digaji setiap bulannya.

Adapun unit usaha yang dikembangkan di antaranya internet desa atau BUMDesnet, pusat bahan bangunan, farmes market, dan BUMDes market. 

Musa mengatakan, motivasi pendirian BUMDes memang untuk membuka lapangan kerja. Perjalan unit bisnis yang dibangun pun terus berkembang. 

"Saya tak menekankan bagaimana mereka mampu menyumbangkan PADes, walau ini wujud keberhasilan usaha," terangnya. 

Dalam setahun ini BUMDes Bintang Baru Utama telah mampu menyumbangkan PADes Rp1,4 miliar 

"Dan kita dorong mereka punya kantor sendiri. Kantor ini kami beli, tahun lalu. Harganya Rp580 juta. Kita nekat beli kantor karena level BUMDes kita turun dari A ke B," katanya. 

Musa bersyukur kini BUMDesam terus berkembang. Usaha internet desa saja sudah mampu menyumbang pendapatan untuk desa sekitar Rp80-90 juta per bulan.

"Dan BUMDesa Bintang Baru Utama ini ukuran Kalimantan Barat masuk kategori berkembang. Mudah-mudahan dengan hadirnya Dirjen semakin berkembang lagi," ucapnya. 

Ia pun mengucapkan terima kasih atas kehadiran Dirjen PDP dapat terus memotivasi untuk pengembangan BUMDes. Ia juga berencana bekerja sama dengan beberapa pihak untuk pengembangan unis usaha. 

Sekda Kubu Raya, Yusra Anizam memuji capaian Pemerintah Desa Parit Baru yang luar biasa membangun BUMDes. Desa Parit Baru merupakan salah satu desa yang membanggakan di Kubu Raya.

"Banyak prestasi Desa Parit Baru yang mendongkrak popularitas dan kinerja kita di Kubu Raya," ujarnya. 

Yusran memastikan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berupaya memberikan dukungan perkembangan desa. Saat ini tengah dalam proses dengan terbentuknya Perumda Aneka Usaha. 

Role Model

Sementara itu, Sugito juga memuji BUMDes Bintang Baru Utama. Ia menilai BUMDes ini sudah sesuai dengan yang diharapkan pemerintah. 

BUMDes hadir diharapkan dapat mengembangkan potensi desa dan berkontribusi dalam membuka lapangan kerja. 

"BUMDes tak memberi kontribusi PADes tak apa, benar. Tapi bagaimana BUMDes memberikan kontribusi kepada masyarakat dalam membuka lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," terangnya. 

Ia menyebut, BUMDes Bintang Baru Utama menjadi role model dalam pengembangan BUMDes dan dapat terus berkembang.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar