Peran Masyarakat Ikut Tentukan Kesuksesan Pilkada Serentak 2024

15 September 2024 14:10 WIB
Plt Kadis Kominfo Kabupaten Landak  Efraim Pata’Allorante

LANDAK, insidepontianak.com -
Pilkada sebagai momen krusial dalam kemajuan daerah, kesuksesannya sangat tergantung kepada partisipasi masyarakat.

Penegasan tersebut disampaikan Plt Kadis Kominfo Kabupaten Landak  Efraim Pata’Allorante, mewakili Pj Bupati Landak ketika membuka seminar “Peran Timanggong Adat dalam rangka menyukseskan Pilkada Damai di Kabupaten Landak” di Aula Kantor Bupati Landak.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2024, pemungutan suara serentak nasional untuk pemilihan gubernur, bupati, dan walikota akan diselenggarakan pada 27 November 2024.
Efraim Pata’Allorante, menegaskan pentingnya Pilkada sebagai momen krusial dalam kemajuan daerah, yang kesuksesannya sangat bergantung pada partisipasi masyarakat.

"Partisipasi masyarakat dalam Pilkada bukan hanya soal memilih, tetapi juga mengawasi jalannya pemilu. Keterlibatan ini akan membuat proses pemilihan lebih inklusif, transparan, dan akuntabel, serta menekan peluang kecurangan," ungkapnya.

Efraim juga menyoroti pentingnya peran tokoh masyarakat dan timanggong adat dalam menciptakan suasana pemilihan yang damai, tenang, dan berintegritas. Para tokoh adat diminta untuk turut berperan dalam sosialisasi serta meluruskan berita-berita tidak benar yang dapat memecah belah masyarakat.

Dengan semangat falsafah hidup masyarakat Dayak, adil ka talino bacuramin ka saruga basengat ka jubata, yang berarti adil terhadap sesama, bercermin pada kehidupan di surga, dan menyerahkan semua kepada Tuhan yang Maha Esa agar tercipta tatanan yang lebih baik.

“Diharapkan kepada para Timanggong untuk turut menciptakan suasana Pilkada yang sehat dan damai, dapat meluruskan persepsi dan berita berita tidak benar yang muncul pada masyarakat setempat dengan harapan agar Pilkada 2024 berjalan dengan lancar, adil, dan berintegritas, seiring dengan berkat dan rahmat dari Tuhan yang Maha Esa," tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Landak, Ketua KPUD Landak, Perwakilan Kejaksaan Negeri Ngabang, Perwakilan Dandim, Timanggong, Ormas GMNI, PMKRI, Mahasiswa Universitas Santo Agustinus Hippo, Universitas Katolik dan Universitas Terbuka. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo
Tags :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar