Pj Bupati Landak Gutmen Nainggolan: Aplikasi APEC Inovasi untuk Seluruh ASN

27 September 2024 05:07 WIB
Pj Bupati Landak Gutmen Nainggolan membuka sosialisasi Aplikasi Elektronik Cuti (APEC) dan benturan kepentingan bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak tahun 2024 di Aula Besar Kantor Bupati Landak.

LANDAK, insidepontianak.com – Aplikasi Elektronik Cuti (APEC) memberikan pemahaman kepada para pegawai tentang isu benturan kepentingan, terutama bagi para ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hal itu disampaikan Pj Bupati Landak Gutmen Nainggolan membuka sosialisasi Aplikasi Elektronik Cuti (APEC) dan benturan kepentingan bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak tahun 2024 di Aula Besar Kantor Bupati Landak.

Pj Bupati Landak Gutmen Nainggolan mengatakan bahwa sosialisasi ini sangat penting dalam rangka memperkenalkan sistem baru yang  diterapkan.

Aplikasi APEC merupakan inovasi yang sangat relevan di era digital seperti saat ini.

Sebagai ASN, dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

"Aplikasi ini memudahkan proses pengajuan cuti secara daring, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi hambatan administratif yang seringkali memakan waktu,” ujar Gutmen.

Lebih lanjut Gutmen menyatakan dengan adanya APEC, diharapkan pelayanan di sektor kepegawaian dapat berjalan lebih cepat, tepat, dan transparan.

“Selain itu, melalui sosialisasi ini kita juga akan membahas mengenai benturan kepentingan, yang merupakan hal penting dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara,” lanjutnya.

Pj Bupati Landak menuturkan bagi ASN menjaga integritas profesionalisme adalah kunci dalam membangun pemerintahan yang bersih dan akuntabel.

Kepentingan dapat mengganggu dan benturan proses pengambilan keputusan yang objektif dan pada akhirnya merugikan masyarakat.

"Oleh karena itu, pemahaman mengenai hal ini perlu terus ditanamkan, terutama bagi ASN PPPK yang baru, agar dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan menjunjung tinggi etika kerja,” tutur Gutmen.

Ia berharap kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang penggunaan APEC dan pentingnya menghindari benturan kepentingan dalam pekerjaan sehari-hari.

“Mari kita jadikan momen ini sebagai bagian dari upaya kita bersama untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih baik dan lebih melayani,” ucap Gutmen.

Pj Bupati Landak Gutmen Nainggolan juga mengimbau kepada para ASN untuk selalu menjaga netralitas selama sebelum, disaat, dan setelah Pilkada Tahun 2024 pada bulan November mendatang.

Sebagai ASN, dimandatkan untuk menjaga netralitas ASN dalam Pilkada Tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang.

"Kepada para ASN diharapkan untuk selalu mematuhi segala peraturan yang berlaku dan Kabupaten Landak serta selalu menjaga kondusifitas, keamanan, dan ketertiban pada saat sebelum, selama, maupun sesudah pesta demokrasi tersebut berlangsung,” papar Gutmen.

Tidak lupa Gutmen memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Landak yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan ini,” tutup Pj Bupati Landak Gutmen Nainggolan. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar