Harisson Ajak Masyarakat Cegah Karhutla

28 Juli 2024 09:27 WIB
Pj Gubernur Kalbar, Harisson ikut padamkan kebakaran kahan di wilayah Rasau Jaya, Kubu Raya, Sabtu (27/4/2024). (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pj Gubernur Kalbar, Harisson mengajak semua pihak bersama-sama mencegah dan melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla. 

Saat ini, karhutla sudah mulai terjadi di sejumlah wilayah di Kalbar. Di Kubu Raya, kebakaran lahan terjadi di Dusun Rasau, Desa Rasau Jaya Umum, Kecamatan Rasau Jaya. 

Harisson sendiri sudah turun langsung memantau kebakaran lahan di wilayah itu, Sabtu (27/7/2024). Tujuannya untuk memastikan bagaimana penanggulangan dilakukan. 

"Di lokasi, saya mendapatkan dari Babinsa yang menginformasikan beberapa kendala yang terjadi di lapangan, salah satunya soal pompa air," kata Harisson. 

Karena itu, ia menegaskan, pentingnya sinergi semua pihak dalam melaksanakan pencegahan dan penanggulangan karhutla. Salah satunya dengan tidak melakukan aktivitas membakar lahan. Apalagi dilahan gambut. 

Harisson menyebut, Pemerintah Provinsi telah memiliki Perda Nomor 1 Tahun 2022 tentang pembukaan lahan dengan kearifan lokal.

Perda tersebut mengatur bagaimana cara membuka lahan dengan kearifan lokal. Salah satunya, lahan yang dibakar merupakan tanah mineral. Tak boleh lahan gambut. 

"Luasnya pun hanya dua hektare, sebelumnya harus dibuat sekat dulu, diberi tahu kepada tetangga sebelah, dijaga melapor kepada kepala desa," terangnya. 

Harisson mengimbau masyarakat untuk tak membuka lahan dengan cara dibakar. Apalagi di daerah gambut, sangat rawan.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar