Mendaki Puncak Kalimantan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya: Berada di Dua Provinsi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Puncak tertinggi di Kalimantan adalah Bukit Raya. Gunung ini, bersama dengan Bukit Baka, masuk ke dalam sebuah taman nasional yang wilayahnya berada di dua provinsi.

Bukit Baka berada di Provinsi Kalimantan Barat dan Bukit Raya di Kalimantan Tengah. Sebelum menjadi taman nasional, masing-masing berstatus cagar alam.

Kedua cagar alam di Kalimantan ini kemudian digabungkan menjadi Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), meliputi dua provinsi, dengan total luas 234.624,30 hektare.

Melansir bukitbakabukitraya.org, Kamis (7/9/2023), sejatinya kawasan ini memiliki peranan penting bagi Daerah Aliran Sungai Melawi di Kalimantan Barat dan Daerah Aliran Sungai Katingan di Kalimantan Tengah.

Meliputi 24 desa yang berada di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Sintang dan Melawi di Kalimantan Barat dan Kabupaten Katingan di Provinsi Kalimantan Tengah.

Taman nasional ini merupakan bagian dari rangkaian pegunungan dengan fisiografi berupa pegunungan patahan. Ketinggian daerah ini bervariasi antara 150–2.278 meter dari permukaan laut (mdpl).

Bukit Raya puncak tertinggi dengan ketinggian 2.278 mdpl, sedangkan Bukit Baka memiliki ketinggian 1.650 mdpl. Selain dua gunung itu ada Bukit Melabanbun (1.850 mdpl), Bukit Asing (1.750 mdpl), dan sebagainya.

Nah, Bukit Raya dinobatkan oleh kalangan pendaki sebagai salah satu dari The Seven Summits of Indonesia. Artinya, bagi pendaki yang haus tantangan dan petualangan hutan tropis Kalimantan adalah wajib mengunjungi gunung ini.

Gunung ini memiliki panjang jalur pendakian 24,7 km dari jalur Rantau Malam, Provinsi Kalimantan Barat (6 hari PP) dan jalur Tumbang Habangoi, Provinsi Kalimantan Tengah dengan panjang 16,9 km (7 hari PP).

Pandangan akan dimanjakan dengan panorama bentang alam Pegunungan Schwaner yang eksotis, atraksi satwa liar, dan berbagai jenis tumbuhan hias sepanjang jalur pendakian Bukit Raya.

Pun berbagai macam tipe ekosistem dari ekosistem hutan pamah dipterocarpa, ekosistem hutan pegunungan bawah hingga ekosistem pegunungan atas yang tentunya memiliki keunikan dan kekhasan sendiri.

Pada ketinggian di atas 2000 mdpl, Anda akan menjumpai tumbuhan lumut, Nepenthes ephippiata, Rhododendron fortunans dan Rhododendron mogeanum yang merupakan tumbuhan endemik Bukit Raya.

Di puncak juga terdapat situs Tajahan, rumah kecil yang dijadikan sebagai tempat ritual adat oleh masyarakat lokal setempat untuk memohon dikabulkan hajatnya.

Berikut dua jalur pendakian Bukit Raya:

  1. Jalur Rantau Malam

Rantau Malam adalah nama sebuah desa di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Di deesa ini akan ada ritual adat Nyukuih Hajat sebelum melakukan kegiatan pendakian Bukit Raya.

Pelaksanaan ritual nyukuih hajat membutuhkan seekor ayam. Tujuan dilakukannya ritual ini adalah adalah untuk memberikan semangat bagi para pengunjung yang akan mendaki ke Bukit Raya.

Perjalanan pendakian dimulai pukul 08.00 WIB. Biasanya pengunjung menggunakan jasa ojek ke Korong Hape dengan waktu tempuh sekira 30 menit atau jika tidak ada ojek ditempuh dengan jalan kaki selama kurang lebih 2,5 jam.

Sepanjang pendakian terdapat delapan pos yaitu Pos Batu Lintang, Sedoruk, Hulu Menyanoi, S. Mangan, Hulu Rabang, Hulu Jelundung, Linang, dan Soa Tohutung. Terdapat papan informasi sebanyak 245 buah (penunjuk arah, lintasan satwa, ketinggian, jarak tempuh).

  1. Jalur Tumbang Habangoi

Tumbang Habangoi adalah nama sebuah desa di Kabupaten Katingam, Provinsi Kalimantan Tengah. Dari desa ini perjalanan dilanjutkan menuju camping ground Dahie melalui jalan darat ataupun memakai perahu.

Untuk perjalanan darat menggunakan kendaraan roda empat dari Desa Tumbang Habangoi menuju titik drop terakhir selama 1 jam, kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki selama kurang lebih 4-5 jam menuju camping ground Dahie.

Dari camping ground Dahie, perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki menuju Puncak Bukit Raya. Sebelum mendaki kalian harus melakukan Ritual Nyukuih Hajat dulu.

Selain mendaki Bukit Raya, di taman nasional ini Anda juga bisa menikmati puncak Bukit Baka. Tidak setinggi Bukit Raya, namun Bukit Baka sangat patut untuk dikunjungi.

Lokasi Bukit Baka ini terletak di wilayah kerja Resort Belaban, SPTN Wilayah I Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat.

Pendakian Bukit Baka cukup menantang karena berbagai topografi bentang alamnya yang harus kalian lalui dari yang landai hingga curam serta harus menyeberang sebanyak 11 (sebelas) sungai.

Sebagai tambahan, Anda juga dapat menikmati keindahan bentang alam jajaran Pegunungan Schwaner yang alami dengan udara yang bersih dan segar serta berbagai macam atraksi kehidupan liar di sepanjang perjalanan.

Sebaai informasi, pendakian ke Bukit Baka dapat ditempuh selama 5 hari PP. Pintu masuknya adalah Desa Belaban Ella di Kabupaten Melawi.

Demikian soal pendakian gunung yang ada di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Kawasan yang berada di Provinsi Kalmantan Barat dan Kalimantan Tengah. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment