Pj Bupati Mempawah: Pemulihan Lingkungan Tingkatkan Mata Pencaharian

15 Juni 2024 18:35 WIB
Pj Bupati Mempawah, Ismail

MEMPAWAH, insidepontianak.com - Dengan mengangkat tema "Penyelesaian Krisis lklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan" kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dihadiri langsung oleh Pj Bupati Mempawah Ismail, di Taman Mempawah digelar.

Sebagaimana tema dari UNEP untuk Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian sertifikasi dan ketahanan terhadap kekeringan.

Pj Bupati Mempawah Ismail menegaskan Presidensi G20 telah menghasilkan adopsi Global Land Restoration Initiative yang sangat penting mengingat bahwa dunia menghadapi triple planetary crisis yang semakin intens.

"Yakni krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas serta krisis polusi dan limbah," terangnya.

Ismail juga mengatakan pemulihan lingkungan pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem.

Serta pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim.

"Pemulihan dari degradasi lahan sangat penting, lahan menjadi ruang hidup manusia, menyediakan makanan pakaian dan tempat perlindungan," ujarnya.

Pj Bupati Mempawah Ismail juga menyampaikan untuk itu perlu ditingkatkan ambisi dan investasi dalam upaya pemulihan lingkungan, memberikan momen terobosan besar bagi perbaikan lahan sebagai upaya untuk mengatasi kekeringan, pemulihan berkaitan langsung dengan upaya penyelesaian krisis iklim.

Ismail juga mengatakan dalam upaya penyelesaian krisis iklim, inovasi dan prinsip keadilan memegang peran penting, melalui investasi dalam pemulihan lahan danketahanan terhadap kekeringan tidak hanya mengatasi masalah degradasi lingkungan tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam mitigasi perubahan iklim.

"Restorasi lahan juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan sosial serta kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Ismail juga mengatakan dengan segala capaian yang ada hingga saat ini, apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas kerja keras seluruh elemen bangsa, seluruh masyarakat, kelompok komunitas, aktivis dunia usaha, para tokoh perempuan juga jajaran birokrasi di daerah dan di lapangan.

<span;>Ismail menuturkan peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2024 ini menjadi momentum penting untuk terus menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara keberlanjutan

"Selamat Hari Lingkungan Hidup Tahun 2024 mari jaga lingkungan hidup untuk generasi yang akan datang," tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Mempawah Aswin mengatakan bahwa tema kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 yang diangkat bertujuan untuk penyelesaian masalah krisis iklim yang harus diselesaikan.

"Dengan inovasi dan dilakukan secara konsisten, menyeluruh, oleh seluruh pemangku kepentingan di masing-masing wilayah dengan prinsip keadilan dan inklusifitas," jelasnya.

Aswin melanjutkan inovasi tidak hanya dalam meningkatkan produktivitas lahan tetapi juga dalam mengurangi emisi karbon serta memperbaiki siklus air sehingga kontribusi signifikan terhadap mitigasi perubahan iklim dengan mengajak para peserta sebanyak 3 50 orang yang berasal dari berbagai sektor untuk peduli akan lingkungan

"Semoga ini dapat memberikan kontribusi terhadap lingkungan hidup demi masa depan yang lebih baik," ujarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Mempawah AKBP Sudarsono Dandim 1201/Mph Letkol Inf. Benu Supriyantoko serta tamu undangan lainnya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment