Mempawah Target Swasembada Berkelanjutan, Ini Kata Ismail Soal Kesiapan

30 September 2024 16:45 WIB
Ilustrasi beras/PIXABAY

MEMPAWAH, insidepontianak.com - Penjabat Bupati Mempawah Ismail pencapaian swasembada berkelanjutan bisa tercapai dengan target dan agenda yang sudah diagendakan pemerintah.  

Ini ia ungkapkan dalam Pertemuan Teknis Penyuluh Pertanian yang dirangkai Pengukuhan DPW Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Mempawah periode 2024-2029, Kamis lalu.

Ia mengungkapkan, swasembada berkelanjutan adalah pemenuhan kebutuhan pangan nasional dengan mengurangi impor beras, jagung, gula dan daging sapi guna pemenuhan pangan lokal.

“Target lainnya peningkatan diversifikasi pangan, nilai tambah, daya saing dan ekspor produk pertanian, serta peningkatan kesejahteraan petani. Tujuannya jelas swasembada pangan local,” ujarnya.

Ia mengungkapkan pihaknya, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Mempawah terus membangun sektor pertanian.

“Ini sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Mempawah di mana untuk swasembada kita perlu meningkatkan infrastuktur penunjangnya,” papar Ismail.

Tak hanya Pembangunan sektor pertanian, tapi juga meningkatan SDM tani juga diutamakan, seperti penyuluh pertanian.

“Dalam mendampingi petani untuk terus meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian. Ini salah Upaya kita untuk bisa mewujudkannya,” terang Ismail. (red)

 


Penulis : REDAKSI
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar