Penyelenggara Pilkada Terbanyak, KPU Jatim Terima Rekor MURI

5 Juni 2024 09:04 WIB
Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono (keempat kiri), Anggota KPU RI August Mellaz (kelima kiri), Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto (kiri), Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada (keempat kanan) dan anggota KPU Jatim menekan tombol saat peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur bertema "Pilgub Jatim, Seneng Bareng" di Surabaya. (Antara)

SURABAYA, insidepontianak.com - Gelar peluncuran maskot pilkada serentak yang dihadiri oleh penyelenggara pemilu daerah terbanyak.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor.

Di sela peluncuran, diperkenalkan maskot “Si Jalih”, tagline Pilkada “Seneng Bareng”, serta jingle resmi untuk Pilkada Jatim yang berlangsung pada 27 November 2024.

Peluncuran ditandai penekanan tombol sirene oleh anggota KPU RI, komisioner dan sekretaris KPU Jatim, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Bay.

Penghargaan diserahkan di sela acara peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2024 di Grand City Convex Surabaya Selasa (4/6/2024) malam dan diterima oleh Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi beserta komisioner lainnya.

"Jawa Timur tergolong provinsi besar. Kami mengelola 38 KPU Kabupaten/Kota dan semuanya hadir pada peluncuran, baik jajaran ketua, anggota, dan sekretaris,” ujarnya dalam siaran pers diterima di Surabaya, Rabu (5/6/2024) pagi.

Menurut dia, rekor tersebut bukan hanya sekadar penghargaan, namun mengandung harapan suksesnya Pilkada serentak 2024.

"Dengan antusiasme para pihak pada peluncuran malam ini, semoga juga berbanding lurus dengan kesadaran masyarakat Jawa Timur turut menyukseskan Pilkada serentak 2024," ucapnya.

Sementara itu, pada kegiatan yang berakhir hingga menjelang tengah malam tersebut, KPU juga menghadirkan bintang tamu penyanyi Happy Asmara dan Gilga Sahid.

Kedua penyanyi asal Jatim yang sedang dekat itu sukses menghibur dan sukses membuat “ambyar” ribuan penonton.

Anggota KPU August Mellaz mengatakan bahwa tahapan pemilu biasanya diwarnai ekskalasi politik tinggi, namun KPU Jatim mampu mengemas suasana tahapan yang meriah.

Ia berpesan kepada seluruh jajaran KPU Jatim bahwa tanggung jawab penyelenggara pemilu tidak hanya melaksanakan Pemilihan Gubernur, tapi juga melakukan supervisi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota. (antara)


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment