Mahasiswa Poltesa Sambas Sukses Kembangkan Program Panel Surya

5 Agustus 2024 14:11 WIB
Mahasiswa teknik mesin pertanian Poltesa Sambas berhasil kembangkan instalasi penerangan jalan umum atau PJU berbasis panel surya. (Istimewa).

SAMBAS, insidepontianak.cok - Tim program kreativitas bidang pengabdian kepada masyarakat (PKM-PM) yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Mesin Pertanian Politeknik Negeri Sambas (Poltesa), sukses mengembangkan instalasi penerangan jalan umum (PJU) berbasis panel surya.

Kegiatan PKM-PM itu merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dilaksanakan dalam dua tahap.

Tahap pertama adalah pelatihan tentang pembangkit listrik tenaga surya yang diselenggarakan pada tanggal 1, 2 dan 3 Juni 2024.

“Pelatihan ini diikuti oleh sepuluh orang pemuda di lingkungan RT 20 Seladu," ucap Ketua Tim PKM PM Poltesa 2024, Amien Rais.

Sedangkan tahap kedua adalah instalasi PJU artistik berbasis panel surya. Digelar pada 31 Juli 2024. Instalasi ini juga dilakukan dua tahap.

Tahap pertama, perangkaian komponen elektronik di dalam panel boks. Tahap kedua, pendirian tiang lampu yang sudah selesai dirangkai komponen kelistriaknnya.

"Pada saat pelatihan kepada kelompok pemuda RT 20 Seladu, kami juga mengasah keterampilan komunikasi. Dalam proses publikasi melalui media sosial dan pembuatan laporan," ujarnya.

"Kami berkesempatan untuk meningkatkan literasi IT. Jadi bagi kami PKM adalah media pembelajaran yang holistik dan bermakna," lanjutnya.

Ia berharap dengan pengabdian masyarakat ini mampu menjadi media pembelajaran yang menarik untuk mahasiswa.

"Dalam proses pembuatan komponen PJU Panel Surya, kami dapat mengaplikasikan ilmu fisika, kelistrikan, elektronika, pengukuran, dan pengelasan yang telah diperoleh selama studi di Poltesa," katanya.***

"Kami merasa ini adalah proses pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dimana ilmu dan keterampilan kami bermanfaat untuk masyarakat, " harapnya.

Instalasi PJU panel surya ini dilakukan untuk penerangan di Dusun Rembayan, Desa Parit Raja, Kabupaten Sambas.


Penulis : Antonia Sentia
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar