KPU Kalbar: Coklit Pemilih untuk Pilkada Sudah 100 Persen

23 Juli 2024 10:20 WIB
Komisioner KPU Kalimantan Barat, Suryadi. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kalimantan Barat terus melaksanakan pencocokan dan penelitian atau coklit terhadap pemilih di Pilkada Kabar 2024 November mendatang.

Proses coklit akan berakhir pada 24 Juli mendatang. Komisioner KPU Kalimantan Barat, Suryadi mengatakan, progres coklit kini sudah mencapai 100 persen. 

Namun, penelitian data masih dicermati dengan teliti agar tidak ada daftar pemilih tetap atau DPT yang terlewatkan. Ppp

"Coklit sudah 100 persen di wilayah Kalbar, itu sudah termonitor dan terekap di tingkat nasional. Namun kami ingatkan lagi untuk betul-betul dicermati apa yang sudah dikerjakan terkait temuan yang disampaikan Bawaslu," kata Suryadi, Selasa (23/7/2024).

Suryadi memastikan, telah meminta jajaran KPU untuk menindaklanjuti temuan yang telah disampaikan oleh Bawaslu. 

"Apakah itu diperbaiki atau dicermati hasil dari coklit apakah sudah sesuai dengan prosedur," ujarnya.

Suryadi menambahkan bahwa temuan saat ini lebih banyak terkait dengan kasus tidak tercoklit atau terlewat. 

"Temuan hari ini lebih kepada tidak tercoklit, kelewatan. Namun kami sudah pastikan jajaran kami apakah belum di coklit atau tidak diketahui. Kalau beberapa kali dikunjungi tidak ada berarti tidak ditemukan, namun bukan berarti dihapus," tambahnya.

Ia menambahkan, proses coklit ini merupakan bagian dari upaya KPU memastikan data pemilih yang akurat dan valid, sehingga pemilihan umum dapat berjalan dengan lancar dan adil. 

"Dengan proses coklit yang hampir selesai, diharapkan semua pihak dapat bekerja sama untuk menyelesaikan tugas ini dengan baik," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar