Sebastianus Darwis-Samsul Rizal Berpeluang Melawan Kotak Kosong di Pilkada Bengkayang

25 Juli 2024 12:17 WIB
Ilustrasi - Pilkada. (Net)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Perhelatan Pilkada Bengkayang 2024 berpotensi hanya diikuti satu pasangan calon kepala daerah petahana, Sebastianus Darwis-Samsul Rizal.

Sebab, mayoritas kursi parlemen partai politik di DPRD Bengkayang, telah memberikan dukungan kepada Sebastianus Darwis-Samsul Rizal untuk maju di periode kedua.

Adapun partai yang hampir pasti mendukung pasangan tersebut adalah Gerindra yang memiliki 5 kursi di DPRD Bengkayang.

SK pengusungan Gerindra telah dikantogi Darwis-Rizal. Tinggal penyerahan yang rencananya akan digelar dalam waktu dekat.

Selain Gerindra, NasDem pemilik empat kursi di parlemen Bengkayang juga telah melabuhkan dukungan kepada Darwis-Rizal.

Kemudian Perindo yang memiliki tiga kursi juga dikabarkan juga akan bergabung dalam pengusungan koalisi pasangan petahana.

Dengan diusung tiga partai ini, Darwis-Rizal telah mengantongi dukungan 13 kursi parlemen. Cukup untuk berlayar mendaftar ke KPU.

"Sampai saat ini kita sudah menerima SK pengusungan dari Gerindra, NasDem dan Perindo," kata Darwis, Kamis (25/7/2024).

Ia mengklaim, sejumlah partai lain seperti PDI Perjuangan yang memiliki empat kursi, Demokrat lima kursi, Golkar empat kursi, PAN dan PKS juga memberi sinyal akan mengusungnya.

Artinya jika, ini terjadi tersisa Partai Hanura dan PKB yang belum menentukan sikap. Hanura sendiri hanya memiliki tiga kursi di DPRD Bengkayang. Sementara PKB hanya dua kursi.

Sehingga tak mungkin kedua partai ini berkoalisi mengusung pasangan calon kepala daerah. Karena syarat minimal dukungan sembilan kursi parlemen tidak memenuhi.

Dengan demikian, peluang Darwis-Rizal akan melawan kotak kosong sangat memungkinkan.

"Kita belum tahu akan berhadapan dengan kotak kosong. Yang jelas kita terus membangun komunikasi dan mendaftar ke berbagai partai, tinggal administrasi saja yang belum kita terima, SK rekom," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

wwwq

Berita Populer

Seputar Kalbar