Pilgub Kalbar 2024 Berpotensi Tiga Poros, Muda Mahendrawan Dikabarkan Deklarasi Siang Ini

29 Agustus 2024 09:08 WIB
Muda Mahendrawan. (Antara)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Peta koalisi di Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat tahun 2024 berpotensi berlangsung tiga poros. 

Poros alternatif memungkinkan muncul dari koalisi PKB dan Hanura dengan memajukan Muda Mahendrawan sebagai bakal calon gubernur Kalbar 2024. PKB dan Hanura sendiri sampai saat ini belum menentukan paslon yang akan diusung. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun Insidepontianak.com, koalisi PKB-Hanura akan diumumkan siang ini. Namun, belum diketahui siapa yang menjadi pendamping Muda di Pilgub Kalbar nanti. 

"Siang nanti diumumkan," kata salah satu sumber Insidepontianak.com yang enggan disebutkan namanya. 

Pendamping Muda sendiri dikabarkan mengerucut sejumlah nama. Yakni mantan kepala Dinas PUPR Provinsi Kalbar, Jakius Sinyor dan mantan Bupati Kayong Utara Hildi Hamid. 

Muda belum memberikan pernyataan terkait rencana deklarasinya. Upaya konfirmasi Insidepontianak.com melalaui sambungan WhatsAppbelum dijawab. 

Begitupun Ketua DPD Hanura, Suyanto Tanjung juga belum memberikan pernyataan resi atas isi Koalisi Hanura-PKB mengusung Muda Mahendra. 

Untuk diketahui, PKB sendiri memiliki perolehan suara sah sebanyak 210.305 suara hasil Pileg Kalbar 14 Februari 2025. 

Sementara syarat mengusung pasangan calon minimal 256.954 suara dah parpol atau gabungan parpol. 

Artinya, PKB belum bisa mengusung paslon sendiri. Namun, jika ditambah perolehan suara Hanura dipastikan cukup menjadikan poros alternatif di Pilgub Kalbar.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar