Debat Publik Pilgub Kalbar 2024, Norsan-Krisantus Paparkan Visi-Misi 11 Program, Janji Kelola SDA Berpihak kepada Rakyat

23 Oktober 2024 19:48 WIB
Pasangan Ria Norsan-Krisantus paparkan visi misi di debat publik Pilgub Kalbar 2024

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pasangan Norsan-Krisantus paparkan visi misi di debat publik Pilgub Kalbar 2024, Rabu (23/10/2024) malam.

Debat publik Pilgub Kalbar 2024 digelar di Qubu Resort, Kubu Raya. Adapun Misi Norsan-Krisantus membangun Kalbar yaitu: “Terwujudnya Kalimantan Barat yang Adil, Demokratis, Religius, Sejahtera, dan Berwawasan lingkungan.”
Visi itu pun dituangkan dalam 11 misi yang menjadi program unggulan di antaranya:
Pertama, mewujudkan pembangunan dan peningkatan infrastruktur Kalimantan barat yang adil dan berkelanjutan
Kedua, mewujudkan pemerataan pembangunan dari desa hingga kota
Ketiga, mewujudkan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Kalimantan Barat yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa
Keempat, mewujudkan tata pemerintah yang demokratis, kompeten dengan prinsip good governance dan good goverment
Kelima, mewujudkan kesejahteraan tenaga pengajar dan tenaga kesehatan
Keenam, mewujudkan perekonomian daerah yang berbasis potensi unggulan daerah serta mendukung perkembangan industri yang relevan seesuai dengan kearifan lokal
Ketujuh, mewujudkan masyarakat yang damai dan sejahtera
Kedepan, memberikan kepastian hukum dan penegakan hak asasi manusia (HAM) serta keadilan dan kesejahteraan gender
Kesembilan, mewujudkan peningkatan kualitas lingkungan hidup dan Sumber Daya Alam (SDA)
Kesepuluh, mewujudkan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)
Kesebelas, meningkatkan partisipasi generasi muda dan pengembangan ekonomi kreatif dalam pembangunan daerah.

Norsan menegaskan, jika terpilih, ia bersama Krisantus akan mengola sumber daya alam (SDA) yang berpihak kepada masyarakat.

“Ke depannya nanti kami akan memberikan izin sesuai yang ditentukan. Supaya masyarakat untung, dan negara memiliki pemasukan,” kata Norsan.

Yang tak kalah penting bagi Norsan adalah, perlindungan sosial. Tidak boleh ada rakyat ditolak datang ke rumah sakit untuk berobat.

“Kami akan berikan regulasi kepada masyarakat agar mudah berobat. Yang menjamin gubernur dan wakil gubernur terpilih, yakni Norsan-Krisantus,” katanya.

Pembangunan sektor pendidikan juga menjadi prioritasnya. Di masa ia menjabat wakil gubernur bersama Sutarmidji, ada 170 ribu siswa yang mendapat program beasiswa sekolah gratis. 
“Ini akan kita lanjutkan. Ini juga belum selesai. Sebab, ada 40 ribu anak sekolah swasta belum dapat beasiswa itu. Ini akan kita berikan,” ucapnya

Krisantus menambahkan, jika mereka terpilih akan bekerja sepenuh hati untuk menyejahterakan seluruh masyarakat Kalbar. (Abdul)


Penulis : Abdul Halikurrahman
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

ikalsm

Berita Populer

Seputar Kalbar