Saat Debat Pilgub Kalbar 2024, Sutarmidji Komitmen Selesaikan IPM Jika Kembali Terpilih

23 Oktober 2024 22:27 WIB
Pasangan Midji-Didi dalam debat Pilgub Kalbar 2024 Rabu (23/10/2024)/ist

PONTIANAK, insidepontianak.com - Calon gubernur Kalbar, nomor urut 1, Sutarmidji dalam Pilgub Kalbar 2024 memastikan bakal menuntaskan sejumlah pekerjaan rumah yang belum selesai. Utamanya dalam peningkatan IPM Kalimantan Barat.

Ia memastikan, percepatan peningkatan IPM bakal terjadi jika pasangan Sutarmidji-Didi Haryono terpilih.

Sutarmidji mengatakan, lima tahun kepemimpinanya IPM sudah mengalami peningkatan, sejak memimpin Kalbar sejak 2018-2023.IPM yang semula hanya 66,98 berhasil meningkat menjadi 70,47 persen di akhir masa jabatanya. 

Salah satu masalah dalam peningkatan IPM adalah membuat lama harapan belajar. Lama belajar masih di atas 12 tahun. Sebab, sekolah yang tak merata, ketika hendak melanjutkan sekolah mereka kesusahana.

Makanya, saat menjabat dirinya mendorong pembangunan SMA/SMK. Selama lima tahun kepemimpinannya, ia juga telah membangun 43 sekolah baru dan 26 revitalisasi sekolah.

Hadirnya sekolah tersebut memudahkan masyarakat mendapat layanan pendidikan dan meningkatkan lama belajar yang berimplikasi pada peningkatan IPM.  

Di samping itu, Sutarmidji juga menggratiskan pendidkan SMA/SMKkondisi jalan mantap sudah 80 persen, dan Kalbar selalu berprestasi.

Misalnya saja dalam penganggaran Kalbar selalu berada di urutan 10 besar. Bahkan, Monitoring Center For Prevention atau MCFP yang punya delapan ranah, menempatkan Kalbar urutan 3 dengan nilai 98. Semua itu tak akan tercapai jika pemerintah tak paham tata kelola pemerintahan. (Andi).


Penulis : Andy Ridwansyah
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

ikalsm

Berita Populer

Seputar Kalbar