Cawagub Didi Haryono Komitmen Wadahi Milenial Berwirausaha dan Berikan Beasiswa Pendidikan

27 Oktober 2024 06:02 WIB
Cawagub Kalbar nomor urut 1, Didi Haryono. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Calon wakil gubernur Kalbar nomor urut 1, Didi Haryono memastikan, jika pasangan Midji-Didi terpilih menjadi Gubernur Kalbar, mereka akan mewadahi anak muda Kalbar berkretivitas dan berwirausaha.

Pasangan Midji-Didi telah menyiapkan berbagai program pengembangan kreativitas anak muda di Kalbar.

Mulai dari beasiswa kepada generasi muda, hingga kemudahan permodalan usaha khsus milenial.

Komitmen ini disampaikan Didi Haryono saat menghadiri acara berdialog bersama milenial dalam acara Tumpahan Salok yang digelar milenial asal Sambas, Singkawang, dan Bengkayang yang tergabung dalam Komunitas Relawan Bang Didi atau KRAMAD, Sabtu (26/10/2024). Acara ini dihadiri ribuan milenial.

Didi Haryono mengucapkan terima kasih kepada milenial KERAMAD yang telah menginisi acara ini dan memberi dukungan kepada pasangan Midji-Didi.

"Kami berkomitmen mewadahi adek-adek untuk berkontribusi, berekreasi, dan berinovasi untuk pembangun di Kalbar," kata Didi Haryono.

Mantan Kapolda Kalbar itu menyadari betul, generasi muda adalah aset. Apalagi di depan mata Indonesia Emas 2045. Tentu ada tantangan dalam menghadapi ini semua. Penguatan SDM salah satunya kuncinya.

Karena itu, ia ingin milenial Kalbar tak hanya jadi penonton. Tapi, diberikan wadah untuk berani maju, berani tampil, sehingga mampu berkontribusi membangun daerah.

"Saya yakin, SDM Kalbar ini tak kalah bersaing asal diberi wadah. Buktinya sudah ada menteri UMKM dari Kalbar, Bang Maman. Saya juga putra Sambas bisa jadi Kapolda, dan Komisaris Bank Kalbar. Tentunya adek-adek juga bisa," katanya memotivasi.

Menurutnya, Kalbar punya wilayah yang sangat luas, ada 14 Kabupaten dan Kota, dan 2.145 desa. Membangun Kalbar perlu tangan-tangan terampil, dan generasi-generasi yang cerdas.

"Karena itulah, peran anak-anak muda, adek-adek sekalian sangat diharapkan untuk bersama-sama membangun Kalbar," katanya.

Salah satu yang menjadi perhatian pasangan Midji-Didi adalah pembangunan SDM menyongsong Indonesia Emas 2045.

Untuk mewujudkan pembangunan SDM unggul, maka pemerintah harus memberikan akses pendidikan yang mudah dan berkualitas.

"Kita tahu sama-sama, Pak Sutarmidji sanggat berkomitmen membangun SDM. Sekolah gratis untuk jenjang SMA dan SMK sudah dimulai di era pertama beliau menjabat Gubernur," ucap Didi Haryono.

Ke depan, ia memastikan, jika pasangan Midji-Didi terpilih, mereka akan menyiapkan 5 ribu beasiswa, untuk siswa SMA dan SMK yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

"Ini bentuk komitmen kami dalam membangun SDM di Kalbar. Pemerintah akan membiayai minimal 5 ribu orang, dan jumlah yang dibiayai ini bisa lebih," tuturnya.

Karena itu, milenial dan gen-z diharapkan menangkap peluang itu. Sebab, untuk memajukan SDM Kalbar, pendidikan menjadi pondasi utama.

Di samping pendidikan, Didi Haryono memastikan berkomitmen mewadahi pelaku UMKM agar lebih mudah mengakses modal.

Didi menilai, peran UMKM sangat besar dalam pembangunan, dan berkontribusi besar dalam pembangunan ekonomi masyarakat. Bahkan, sudah teruji saat pandei Covid-19 melanda bangsa ini.

Saat ini, pelaku UMKM sebagian besar dilakoni para milenial. Dengan membuka beragama usaha. Didi Haryono tahu betul bagaimana geliat wirausaha para milenial, saat saat menjadi Komisaris Bank Kalbar.

Menrutnya, banyak milenial yang sudah dibantu dan diberi akses permodalan dari Bbank milik Pemprov Kalbar melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Karena itu, Didi Haryono bertekad jika menang di Pilgub Kalbar, akses permodalan untuk UMKM akan dipermudah, termasuk juga perizinan usaha.

"Kita akan memudahkan akses permodalan, dan perizinan," tuturnya.

Di samping itu, pasangan Midji-Didi juga akan memberikan pelatihan dan pembinaan untuk memberi nilai tambah dari produk UMKM baik dari kemasan hingga pemasaran.

"Kita akan menginventaris UMKM apa yang menarik dari Kalbar. Kita punya cita-cita UMKM Kalbar ke depan menjadi UMKM maju seperti di Lombok dan Bali," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

ikalsm

Berita Populer

Seputar Kalbar