Kampanye di Sambas, Midji Janji Wujudkan Museum Syekh Ahmad Khatib

27 Oktober 2024 15:30 WIB
Calon Gubernur Kalbar nomor urut 1, Sutarmidji foto bersama emak-emak saat hadir dalam majelis tarub akikah cucu Anggota DPRD Sambas, Haji As'an di Kecamatan Tebas. (Tim Media Midji-Didi)

SAMBAS, insidepontianak.com - Calon gubernur Kalbar nomor urut 1, Sutarmidji mengungkapkan, sebenarnya ada tokoh ulama terkenal dunia yang berasal dari Kabupaten Sambas, yakni Syekh Ahmad Khatib Sambas.

Ulama kelahiran Sambas yang kemudian menetap di Mekah hingga wafat, memiliki pengikut yang tersebar di berbagai negara di Asia, bahkan mancanegara yang lain. 

“Waktu saya bertemu Gus Yahya (Yahya Cholil Staquf ) Ketua Umum PBNU, dia tanya saya, saya kaget juga, waktu itu saya masih gubernur. Pak Gubernur dia bilang, museum Syekh Ahmad Khatib Sambas di mana ya, saya bilang tidak ada kayaknya Pak,” kata Sutarmidji saat menghadiri majelis tarub akikah cucu anggota DPRD Kabupaten Sambas As'an di Desa Segedong, Kecamatan Tebas, Sabtu (26/10/2024).

Saat itu, Midji menyampaikan ke Gus Yahya bahwa ia baru mau membuat gerbang di tempat kelahiran Syekh Ahmad Khatib Sambas di Kabupaten Sambas, untuk mengenang ulama besar tersebut. 

“Beliau (Gus Yahya) bilang harusnya ada (museum Syekh Ahmad Khatib Sambas), karena beliau (Syekh Ahmad Khatib Sambas) itu kan muridnya bukan hanya ada di Indonesia, tapi Asia Selatan, Asia Tenggara sampai jazirah Arab banyak murid beliau,” ucap Midji menirukan perkataan Gus Yahya.

Dari pembicaraan dengan Gus Yahya tersebut, Midji kemudian berjanji akan membicarakan dengan pihak-pihak yang masih memiliki keturunan dengan Syekh Ahmad Khatib Sambas. Atau juga masyarakat Sambas yang mengetahui peninggalan-peninggalan, atau hal apapun yang terkait dengan Syekh Ahmad Khatib Sambas di Kabupaten Sambas. 

“Itu pekerjaan rumah (PR) kita bersama. Karena murid-murid beliau (Syekh Ahmad Khatib Sambas) yang melahirkan murid-murid lagi, salah satunya Gus Yahya itu Ketua Umum PBNU, benar saya tidak mengarang. Beliau tanya, mereka itu ada gurunya, murid dari Syekh Ahmad Khatib Sambas,” paparnya. 

Gus Yahya yang bukan orang Sambas atau Kalbar saja, menurut Midji sangat menghormati ulama besar seperti Syekh Ahmad Khatib Sambas. 

Karena telah mewariskan banyak ilmu dari murid ke murid secara turun temurun. Bahkan lanjut Midji, Gus Yahya siap membantu jika pemerintah di Kalbar ingin membangun museum Syekh Ahmad Khatib Sambas yang merupakan ulama internasional, dan dikenal dengan tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah itu. 

“Anak-anak muda sekarang banyak yang sudah tidak tahu, dan tidak kenal (Syekh Ahmad Khatib Sambas), karena banyak yang tidak baca sejarah. Kalau saya (terpilih) gubernur (lagi) saya pastikan akan wujudkan museumnya, apalagi kita akan dibantu oleh Gus Yahya. Museum itu, supaya orang-orang mengenal Kalbar punya ulama dunia,” pungkasnya.

Dikutip dari situs nu.or.id, dijelaskan bahwa Syekh Ahmad Khatib Sambas dilahirkan di daerah Kampung Asam, Sambas, Kalbar. Tanggal lahirnya tidak diketahui, tapi sebagian sumber menyebutkan pada bulan shafar 1217 Hijriah bertepatan dengan tahun 1803 Masehi.

Ayahnya Abdul Ghaffar bin Abdullah bin Muhammad bin Jalaluddin. Masa kecil, Ahmad khatib Sambas diasuh pamannya yang terkenal sangat alim dan wara’ di wilayah tersebut. 

Ahmad Khatib Sambas menghabiskan masa remajanya untuk mempelajari ilmu-ilmu agama, ia berguru dari satu guru-ke guru lainnya di wilayah kesultanan Sambas. 

Salah satu gurunya yang terkenal di wilayah tersebut adalah, H. Nuruddin Musthafa, Imam Masjid Jami’ Kesultanan Sambas. Kemudian ia meneruskan pendidikannya ke Timur Tengah, khususnya ke Makkah. Kemudian memutuskan untuk menetap di Makkah sampai wafat pada tahun 1875 Masehi.***


Penulis : Abdul Halikurrahman/ril/bis
Editor : -

Leave a comment

ikalsm

Berita Populer

Seputar Kalbar