Zulfydar Sebut Midji-Didi Paling Komitmen Membangun SDM Kalbar, Buktinya Sangat Nyata!

28 Oktober 2024 13:47 WIB
Ketua Fraksi PAN DPRD Kalimantan Barat, Zulfydar Zaidar Mochtar. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kalbar, Zulfydar Zaidar Mochtar menilai, satu-satunya calon gubernur dan wakil gubernur Kalbar yang paling berkomitmen membangun sumber daya manusia atau SDM Kalbar, adalah Midji-Didi.

Penilaian Zulfydar, bukan tak beralasan. Sebab, Sutarmidji sudah memulai program sekolah gratis jenjang SMA dan SMK sejak menjabat Gubernur Kalbar periode 2018-2023.

Dan saat ini, pasangan Midji-Didi menjanjikan kembali program beasiswa gratis untuk minimal 5 ribu mahasiswa.

"Harus kita akui satu-satunya calon gubernur dan wakil yang paling berkomitmen dalam pembangunan SDM adalah Sutarmidji-Didi Haryono," kata Zulfydar, Rabu (28/10/2024).

Baginya, Midji-Didi telah membuktikan komitmennya dalam membangun IPM Kalbar tahun 2045 berubah menjadi Indeks Modal Manusia.

Berdasarkan data BPS, IPM Kalbar selalu mengalami peningkatan di masa Sutarmidji memimpin Kalbar sejak 2018-2023. Dari yang hanya 66,98 berhasil meningkat menjadi 70,47 persen di akhir masa jabatanya.

Komitmen meningkatkan IPM Kalbar juga sudah ditunjukkan Sutarmidji dengan memberikan sekolah gratis untuk jenjang siswa SMA dan SMK, lalu membangun 43 sekolah baru dan 26 revitalisasi sekolah.

"Saat ini meluncurkan lagi beasiswa untuk minimal 5 ribu mahasiswa, sangat luar biasa sekali," ucap legislator PAN itu.

Zulfydar menganggap, program tersebut sangat baik dalam upaya peningkatan IPM Kalbar. Sebab, akan menyiapkan generasi muda menjadi generasi cerdas dan andal untuk berkontribusi membangun daerah.

"Ini juga sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045," katanya.

Indonesia emas sendiri membutuhkan anak muda yang siap, terampil, dan punya keahlian. Jika generasi muda punya soft skill dan hard skill yang baik, maka mereka akan siap bekerja di manapun.

Namun demikian, Zulfydar berharap jumlah penerima beasiswa ini tak hanya 5 ribu orang saja. Kalau bisa lebih banyak. Di samping itu, skema beasiswa diharapkan diperjelas dan dipastikan tepat sasaran.

Untuk diketahui, Midji-Didi adalah pasangan calon gubernur Kalbar nomor urut 1, dalam Pilgub Kalbar 2024.

Pasangan ini diusung delapan partai politik. Di antaranya, Golkar, NasDem, Gerindra, PAN, Demokrat, PKS, PSI dan Partai Perindo.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

ikalsm

Berita Populer

Seputar Kalbar