Pengamat Prediksi Tiga Partai Ini yang Bakal Usung Sutarmidji di Pilgub Kalbar

14 Maret 2024 11:41 WIB
Pengamat politik Fisip Untan, Syarif Usmulyadi. (Dok IP)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Gubernur Kalbar, 2018-2023 Sutarmidji telah memastikan diri maju kembali di Pemilihan Gubernur Kalbar tahun 2024.

Langkah politik mantan Wali Kota Pontianak ini jauh hari telah diprediksi Pengamat Politik, Universitas Tanjungpura, Syarif Usmulyadi.

Menurut Usmulyadi, sangat wajar Sutarmidji maju kembali di Pilgub Kalbar. Alasannya, sebagai petahana Sutarmidji memiliki basis massa yang kuat.

Sehingga popularitas dan elektabilitasnya sangat diperhitungkan. Terlebih dengan modal sejumlah capaian pembangunan yang ia miliki selama lima tahun memimpin Kalbar.

"Tentu juga akan jadi modal untuk maju kembali. Dia juga dan dilirik partai untuk kembali diusung," kata Usmulyadi.

Menurut dosen Fisip Untan itu, partai yang berpotensi mengusung Sutarmidji kembali adalah PPP, NasDem dan PKS.

Namun demikian, delapan bulan jelang Pilkada peta politik masih dinamis. Terlebih bicara soal Wakil. Dia pun memprediksi Pilgub Kalbar bakal berlangsung tiga poros andai duet Sutarmidji-Ria Norsan gagal.

Sutarmidji diketahui telah menyatakan sikap maju dan memilih melanjutkan pengabdian bersama Ria Norsan. Kepastian ini disampaikan diakun instagram pribadinya @bang. midji.

Namun, hingga berita ini diturunkan, Ria Norsan belum memberikan jawaban langkah politiknya. Pertanyaan yang diajukan insidepontianak.com belum dijawab.

Namun, demikian wawancara insidepontianak.com pada Juli lalu, mantan Wakil Gubernur Kalbar, itu mengaku siap maju menjadi Bakal Calon Gubernur Kalbar tahun 2024 mendatang jika diberikan dukungan masyarakat.

Sejauh ini, mantan Bupati Mempawah dua periode ini belum menentukan jalan politiknya. Apabila pilihan terbaik maju sebagai Gubernur, dia akan maju.

"Saya menyambut baik aspirasi masyarakat (Maju Gubernur) Tapi kedepan kita liat nanti, kuncinya masyarakat," kata Ria Norsan, Kamis (6/7/2023).

Ria Norsan juga mengaku, saat itu belum diajak Sutarmidji untuk kembali berduet di Pilgub Kalbar tahun 2024. Ia memperkirakan tawaran akan datang nanti.

"Mungkin nanti (tawaran Gubernur)," uja.

Jika nantinya ada tawaran Sutarmidji untuk maju bersama, dan dirasa keputusan itu baik untuk masyarakat, Ria Norsan memastikan diri siap melanjutkan duet bersama Sutarmidji.(andi)***

Leave a comment