17 Tokoh Berebut Tiket Demokrat untuk Pilwako Pontianak, Lutfi Almutahar Wakili Anak Muda

29 Maret 2024 18:51 WIB
Anggota DPRD Kota Pontianak, Lutfi Almutahar mewakili anak muda ikut meramaikan penjaringan bakal calon wali kota untuk Pilwako Pontianak di DPC Demokrat Pontianak. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Perhelatan pemilihan wali kota dan wakil wali kota atau Pilwako Pontianak 2024, dipastikan bakal berlangsung seru.

Belasan tokoh tercatat tengah berebut tiket Demokrat, untuk dijadikan perahu berlayar di Pilwako Pontianak 2024 yang akan dihelat pada November.

DPC Demokrat Kota Pontianak sendiri, telah membuka penjaringan bakal calon sejak 21-29 Maret 2024.

Sampai hari ini, tercatat sudah 17 tokoh mengambil formulir pendaftaran. Mereka di antaranya, Wali Kota Pontianak, periode 2018-2023, Edi Rusdi Kamtono.

Wakil Wali Kota Pontianak, 2018-2023, Bahasan dan Sekda Pontianak aktif, Mulyadi dipastikan telah mendaftar.

Tak ketinggalan, tokoh muda yang juga Anggota DPRD Kota Pontianak dari PAN, Lutfi Almutahar, juga meramaikan bursa penjaringan bakal calon wali kota, di Demokrat.

Lutfi ditemui Insidepontianak.com mengambil formulir pada pukul 15.00 WIB, Jumat (29/3/2024). Ia datang bersama para relawan millennials-nya.

Selain Lutfi, Ketua DPD NasDem Pontianak, Firdaus Zar'in, Ketua DPC Demokrat Pontianak, Than Lie Hian, Ketua DPD Golkar Pontianak, Bebby Nailufa, dan Ketua DPD PSI, Pontianak, Kristian Wahyu Sutrisno turut mengambil formulir di DPC Demokrat Pontianak.

Tak ketinggalan, Sekretaris DPW PAN Kalbar, Zulfydar Zaidar Mochtar, juga ikut mengambil formulir pendaftaran.

Tak sampai di situ, sejumlah tokoh non partai, juga meramaikan penjaringan bakal calon wali kota di partai besutan SBY.

Mereka di antaranya, Brigjen Pol Agus Rianto, Teguh Wahyudi, Boni Fatius Beny, Wahyu Cundrik Pamungkas, Syariful Hamzah Nauli, Hendri Suzani, dan Dwi Agus Priyanto.

Lutfi Wakili Anak Muda

Mewakili anak muda, Lutfi mengklaim, langkah politiknya ini, karena dorongan anak muda, dan masyarakat Pontianak yang menginginkan pemimpin figur anak muda yang visioner dan berpengalaman.

Apalagi, momentum Pilpres 2024, telah membuktikan eranya anak muda memimpin bangsa, lewat Gibran Rakabuming Raka mendampingi Prabowo sebagai Wakil Presiden.

"Ini menjadi motivasi bagi saya dan anak muda untuk percaya diri. Sudah saatnya anak muda memimpin," kata Lutfi.

Sebagai Anggota DPRD Kota Pontianak, Lutfi mengaku sudah banyak mengetahui persoalan pembangunan di Kota Pontianak.

Dengan bekal pengalaman di kursi legislatif itu, ia mengaku siap memimpin jika diberikan kepercayaan partai politik ikut berkontestasi dalam Pilwako Pontianak November mendatang.

Lutfi mengaku, Demokrat menjadi partai pertama yang dituju untuk mendaftar. Sebab, sejauh ini baru Demokrat yang membuka penjaringan.

"Sebagai bentuk keseriusan, kita juga akan daftar ke semua partai yang membuka pendaftaran. Partai apapun kita siap daftar," ucapnya.

Pendaftaran Telah Ditutup

Sekretaris DPC Demokrat Kota Pontianak, Agus Muryanto menyampaikan, sudah 17 tokoh yang mendaftar untuk Pilwako Pontianak. Para tokoh itu datang dari berbagai golongan, ada politisi, hingga tokoh masyarakat.

"Untuk politisi ini, ada kader Demokrat dan di luar kader," ujarnya.

Agus memastikan, pendaftaran telah ditutup hari ini. Nantinya tokoh yang mendaftar harus mengembalikan berkas pada 1-7 April 2024.

"Jadi ketika semua calon mengembalikan berkas, menunjukkan kesiapan maju melalui bendera Demokrat," kata Agus.

Setelah proses pengembalian berkas, DPC Demokrat akan melakukan verifikasi berkas administrasi. Lalu berkoordinasi dengan DPD Demokrat untuk tahap penjaringan selanjutnya.

"Tahap selanjutnya lagi, akan ada presentasi khusus di DPP. Terakhir, kita melakukan survei setiap calon yang sudah mendaftar," ujarnya.

Di sisi lain, Demokrat Pontianak pun terus berkomunikasi dengan partai politik lain untuk membangun koalisi mengusung pasangan calon wali kota di Pilwako Pontianak 2024.

"Kita juga terus melakukan penjajakan dengan partai lain untuk menyongsong Pilwako," pungkasnya. (Andi)***

Leave a comment