Tim Satono Serahkan Berkas Pendaftaran Calon Bupati ke NasDem, Harap Bisa Berkoalisi Menangkan Pilkada Sambas

7 Mei 2024 22:11 WIB
Ketua Tim Pemenangan Satono, Anwari serahkan berkas pendaftaran Calon Bupati Sambas ke DPD NasDem Sambas, Selasa (7/5/2024). (Insidepontianak.com/Antonia Sentia)

SAMBAS, insidepontianak.com - Tim Pemenangan Satono, serahkan berkas pendaftaran Calon Bupati Sambas, ke DPD NasDem Sambas, Selasa (7/5/2024).

Penyerahan berkas ini diterima langsung oleh Ketua DPD NasDem Sambas, Subhan Nur. Dan disaksikan oleh jajaran pengurusnya.

Ketua Tim Pemenangan Satono, Anwari memastikan, berkas pendaftaran Satono sudah dilengkapi, sesuai syarat-syarat yang ditetapkan NasDem.

“Tapi, jika masih terdapat berkas-berkas yang kurang, kami mohon konfirmasi untuk dilengkapi,” pesan Anwari.

Ia beraharap, NasDem memberikan tiket kepada Satono untuk diusung sebagai calon bupati pada Pilkada Sambas 2024. Ia pun memastikan, siap membangun koalisi bersama partai besutan Surya Paloh.

“Kami serahkan sepenuhnya kepada NasDem, mudah-mudahan kami diberikan rekomendasi sebagai persyaratan mendaftar di KPU,” harapnya.

Optimis Menang

Sekda Sambas periode 2017-2019, Uray Tajudin meyakini, Satono akan memenangkan Pilkada Sambas 2024.

Alasannya karena banyak faktor yang akan mendukung kemenangan Satono untuk periode keduanya.

Seperti, capaian pembangunan di masa kepemimpinan Satono dirasa cukup berhasil. IPM Sambas kini melesat naik. Dengan angka 70,60 persen. Ranking 1 se-Kalbar.

Bahkan, IPM Sambas saat ini lebih tinggi dari IPM Kalbar yang berada di angka 70,47 persen.

Di awal masa jabatan Satono, atau tahun 2021, IPM Sambas hanya di angka 69,03 persen. Empat tahun memimpin, Satono berhasil meningkatkan IPM sekitar 1,57 persen.

Selain itu, Bupati Satono juga cukup berhasil melakukan percepatan pembangunan infrastruktur. Bahkan, sudah puluhan jembatan dibangun tanpa APBD.

Program ini disebut Jembatan Berkemajuan. Pembangunannya melibatkan pengusaha-pengusaha, secara sosial. Terbukti, manfaatnya dirasakan masyarakat.

Selanjutnya, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sambas di era Satono juga cukup baik. Tahun 2023 pertumbuhan ekonomi Sambas berada di angka 4,69 persen.

Meningkat 0,5 persen dibanding 2022, yang berada di posisi 4,64 persen dan meningkat 0,32 persen dibanding tahun 2021 yang berada di posisi 4,37 persen.

Data ini menunjukkan, pertumbuhan ekonomi di masa kepemimpinan Bupati Satono terus naik dari tahun ke tahun.

“Kami sudah briefing kurang dari 3 tahun Bapak Haji Satono menjabat sebagai Bupati Sambas, itu terlepas dari kekurangan, tapi banyak bukti yang sudah kita lihat,” kata Uray Tajudin.

Baginya, capaian-capain pembangunan ini menjadi modal besar Bupati Satono untuk dipilih oleh masyarakat Sambas di periode kedua ini.(Nia)***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : -

Leave a comment