Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pontianak, Syarif Usmulyono Pastikan Petugas Dapat Atribut Keselamatan Kerja

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Pontianak sudah menyediakan perlengkapan keselamatn kerja untuk petugas penyapuan dan angkutan.

Petugas penyapuan dan angkutan telah dilengkapi atribut keselamatan kerja, seperti baju rompi, sepatu boots dan sarung tangan.

Perlengkapan tersebut diberikan oleh DLH Pontianak sebagai bentuk menjalankan prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3.

"Kami selalu melengkapi petugas kami dengan kelengkapan atribut APD," kata Syarif Usmulyono, Kepala DLH Pontianak, Senin (4/9/2023).

Ia menjelaskan, penerapan K3 ini agar petugas penyapuan dan angkutan dapat meninimalisir kecelakaan kerja yang terjadi.

Selain itu, DLH Pontianak juga membekali Alat Pemadam Ringan atau APAR bagi yang bertugas di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Selain sosialisasi K3 kami juga sering melakukan pelatihan pemadam, terutama untuk petugas di TPA," ujar Usmulyono.

Disamping itu, ia mengungkapkan saat ini DLH memiliki 725 petugas se-Kota Pontianak, meliputi petugas penyapu, angkutan, TPS dan TPA.

Dengan jumlah petugas tersebut DLH tak gentar untuk sering mengingatkan pentingnya K3.

"Kami selalu sosialisasikan K3 saat penandatangan kontrak kerja, setahun sekali," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, DLH menyampaikan kewajiban pentingnya K3, serta memberikan atribut keselamatan kerja yang baru.

Dilain sisi, meskipun sudah mendapatkan sosialisasi dan intruksi K3. Ternyata masih banyak ditemukan petugas yang tidak menggunakan atribut tersebut.

"Kami masih berupaya menertibkan petugas untuk menggunakan atribut K3, namun jika masih ada yang bandel akan kami berikan sanksi," pungkasnya. (Greg)***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment