PTPN IV Gelar Salat Idul Adha 1445 H, Ajak Teladani Pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail

17 Juni 2024 12:01 WIB
BDHBI Perkebunan Nusantara IV, Regional V foto bersama usai melaksanakan salat Ied Idul Adha 1445 Hijriah.

PONTIANAK, insidepontianak.com - Badan Dakwah Hari Besar Islam atau BDHBI Perkebunan Nusantara IV, Regional V menggelar sholat Idul Adha 1445 H/2024 M bersama masyarakat, Senin (17/06/2024).

Salat Ied yang pertama kalinya dilaksanakan di halaman tengah region office PTPN IV Regional V dan menjadi momen penuh makna serta memberikan kebanggaan tersendiri bagi karyawan.

Pelaksanaan salat Ied dihadiri lebih dari 400 jemaah, keluarga besar karyawan dan purnakarya. Sholat dipimpin ustaz Junaidi Ahmed, S.Pd.I sebagai imam. Sedangkan Region Head PTPN IV Regional V Khayamuddin Panjaitan bertindak sebagai Khatib.

Khayamuddin Panjaitan menekankan pentingnya meneladani Nabi Ibrahim AS dalam hal ikhtiar, keikhlasan dan pengorbanan. 

Sebab, perayaan Idul Adha mengingatkan ummat pada ketakwaan nabi Ibrahim dan Ismail yang rela mengorbankan orang yang disayangi demi menunjukkan ketakwaannya kepada Allah. 

"Idul Adha bukan hanya sekadar ritual penyembelihan hewan, tetapi merupakan simbol dari pengorbanan," terangnya. 

Khayamuddin menyebut, perayaan Idul Adha membawa banyak pelajaran dan hikmah yang bisa dipetik, di antaranya konsep ikhtiar maksimal, keimanan yang menguatkan hubungan manusia dengan Allah SWT. 

"Dengan implementasi keikhlasan segala tindakan, pentingnya ilmu dalam beribadah, cinta orang tua kepada anaknya, serta hormatnya anak kepada orang tua dalam membangun keluarga Sakinah Mawaddah dan Warahmah," terangnya. 

Setelah salat Idul Adha, PTPN mengelar pemotongan hewan. Ada 93 ekor hewan kurban terdiri dari 76 ekor sapi dan 17 ekor kambing, disembelih dan disalurkan kepada karyawan dan masyarakat di 18 delapan belas wilayah. 

Sementara itu, SEV Business Support, M. Zulham Rambe juga turut menyaksikan penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan di Halaman Belakang Region Office PTPN IV Regional V. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian kepada masyarakat. 

"Kita berharap dapat terus meningkatkan kebersamaan dan kepedulian sosial melaluikurban, sehingga dapat memberikan kebermanfaatan terhadap masyarakat," pungkasnya.***

 


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment