Pemkot Pontianak Pastikan Menindaklanjuti Masukan DPRD Tingkatkan PAD

6 Juli 2024 11:16 WIB
Pj Wali Kota Pontianak menyerahkan laporan pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2023 ke DPRD Kota Pontianak, Jumat (5/7/2024). (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah).

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofyan memastikan, terus berupaya peningkatan pendapatan asli daerah atau PAD Kota Pontianak. 

Ia menegaskan, saran dan masukan fraksi-fraksi DPRD Kota Pontianak dalam paripurna laporan pertanggungjawaban APBD 2023 yang digelar pada Jumat (5/7/2024), akan ditindaklanjuti. 

"Kita terus berupaya meningkatkan PAD Kota Pontianak, sebagaimana saran dan masukan fraksi-fraksi DPRD," kata Ani Sofyan 

Menurutnya, Pontianak sebagai kota jasa dan perdagangan, memang wajib terus berupaya berinovasi menggali sumber-sumber PAD supaya bisa menjadi penambah pemasukan daerah. 

Selain PAD, Ani Sofian menyatakan semua pandangan dan pertanyaan fraksi terkait pelaksanaan APBD 2023, telah dijawab dengan transparan sesuai yang telah dikerjakan. 

"Kami menjawab pandangan umum fraksi-fraksi yang ada di DPRD Kota Pontianak, dan kami sudah berusaha menjawab semua pertanyaan yang diberikan. Jika masih ada yang kurang, kita akan rapat lagi," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, Firdaus Zar'in menyebut laporan hasil pemeriksaan sudah disampaikan BPK, meskipun ada beberapa hal yang masih perlu ditindaklanjuti.

"Sebenarnya, laporan hasil pemeriksaan sudah disampaikan. Ini mirip seperti LKPJ, tetapi perlu ditindaklanjuti," terangnya. 

Ada beberapa hal yang mesti jadi perhatian pemerintah. Di antaranya, pengelolaan keuangan, peningkatan aset, pengentasan kemiskinan ekstrem, dan pengentasan stunting.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment