Mendagri Tito Optimis Indonesia Emas 2045 Terwujud, Ini Dasarnya

27 Agustus 2024 16:38 WIB
Mendagri, Tito Karnavian saat memberikan sambutan di kegiatan pencanangan Gerbangdutas ke-12 di Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (27/8/2024). (Insidepontianak.com/Greg)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian optimis Indonesia Emas 2045 terwujud.

Menurut Tito, untuk menuju Indonesia emas, setidaknya harus ada tiga syarat yang wajib dimiliki.

Pertama, potensi sumber daya alam atau SDA. Kedua, potensi sumber daya manusia atau SDM. Ketiga, potensi luas wilayah yang besar.

Tiga syarat utama ini sudah dimiliki Indonesia. Tinggal, bagaimana syarat itu dikelola dengan baik, sehingga bisa membawa kesejahtaraan bagi seluruh anak bangsa.

“Tiga syarat ini, membuat saya yakin ekonomi Indonesia dapat meningkat pada tahun 2045,” kata Tito, di Pontianak, Selasa (27/8/2024).

Ia memperkirakan, Indonesia akan menempati posisi empat hingga lima ekonomi tertinggi di dunia pada tahun 2045 jika segala potensinya bisa dimanfaatkan dengan baik.

Bagi Tito, tanda-tanda eknomi Indonesia akan maju kini sudah nampak. Sebab, berdasarkan data, pertumbuhan ekonomi Indonesia setiap tahunnya meningkat sebesar lima persen.

“Dalam dialog Internasional, semua memprediksi bahwa Indonesia di tahun 2040 akan menjadi kekuatan ekonomi nomor 4 terbesar di dunia setelah Cina, India dan United State (US),” katanya.

Oleh sebab itu, jika ekonomi Indonesia bisa mencapai nomor empat terbesar di dunia, Tito optimis, di 2040, Indonesia Emas 2045 bukanlah menjadi suatu hal yang mustahil.

“Itu akan membuat perubahan yang sangat derastis dalam kehidupan bangsa Indonesia. Di mana Indonesia menjadi negara maju dengan dominasi masayarakat kelas menengah atau middle class,” katanya.

Ia menjelaskan, bahwa negara maju adalah negara didominasi oleh golongan masyarakat kelas menengah, di mana masyarakat bisa mencukupi kehidupan sehari-hari yang dapat dilihat dari segi pendapatannya.

“Mereka bisa menyekolahkan anaknya, bisa mencicil rumah, mencicil kendaraan, bisa berlibur walau masih memiliki tanggungan. Itulah ciri midlle class,” pungkasnya.***


Penulis : Gregorius
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar