Satarudin Masih Berpeluang Besar Jabat Ketua DPRD Pontianak 2024-2029

5 September 2024 22:29 WIB
Ketua DPC PDIP Kota Pontianak sekaligus ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Figur pimpinan DPRD Kota Pontianak masa bakti 2024-2029, terus menjadi perbincangan publik, seiring akan berakhirnya masa jabatan dalam waktu dekat.

Adapun 45 anggota DPRD masa bakti 2024-2029 akan dilantik pada 17 September 2024, di Pontianak Convention Center.

Pelantikan ini juga akan diikuti dengan penunjukan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak periode 2024-2029, dan Satarudin masih berpeluang besar menduduki jabatan ini.

Pasalnya, hasil Pileg DPRD Kota Pontianak 2024, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, merupakan partai pemenang, dengan meraih tujuh kursi. Perolehan kursi ini sama dengan Gerindra.

Hanya saja, PDIP unggul perolehan suara sebanyak 1.023 dari partai besutan Prabowo. Artinya dengan aturan yang ada, posisi Ketua DPRD otomatis tetap dipegang partai banteng.

Sementara Gerindra akan mendapat kursi Wakil Ketua I. Sedangkan Wakil Ketua II dan III milik Golkar yang punya enam kursi, dan NasDem yang punya lima kursi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Insidepontianak.com, kabarnya, PDIP tetap mempercayakan Ketua DPC PDIP Kota Pontianak, Satarudin untuk memimpin lembaga parlemen sampai lima tahun ke depan.

Begitu pun Gerindra, juga dikabarkan tetap mempercayakan Ketua DPC Gerindra Kota Pontianak, Naufal Ba'bud untuk mengisi posisi Wakil Ketua I.

Namun, baik Ketua DPD PDIP Kalbar, Lasarus dan Keetua DPD Gerindra Kalbar, Yuliansyah belum memberikan kepastaian atas penjukan itu. Upaya konfirmasi sudah dilakukan insidepontianak.com. Tapi belum direspons.

Adapun NasDem yang berhak atas kursi Wakil Ketua II, juga enggan buru-buru membocorkan figur yang bakal ditunjuk untuk mengisi jabatan itu.

"Nanti saja setelah dilantik," kata Ketua DPW NasDem Kalbar, Syarif Abdullah Alkadrie.

Namun, nama yang mencuat menjadi calon Wakil Ketua II dari NasDem adalah Agus Sugianto.

Agus adalah Ketua DPD NasDem Kota Pontianak menggantikan menggantikan Firdaus Zar'in yang juga gagal masuk parlemen.

DPD Golkar Kalbar juga masih menunggu keputusan DPP terkait penunjukan kader untuk mengisi jabatan Wakil Ketua III DPRD Kota Pontianak.

Yang pasti kata Ketua DPD Partai Golkar Kalbar, Maman Abdurahman, sudah ada tiga nama yang diusulkan ke DPP. Mereka adalah, Bebby Nailufa, Mansur dan Irwan.

"Selanjutnya bolanya ada di DPP Golkar untuk memutuskan," ucap Maman.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar